Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Bakamla Gelar Pelatihan Hukum Laut Bersama Coast Guard dari 17 Negara

Penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini merupakan komitmen Bakamla dalam forum HACGAM.

Bakamla Gelar Pelatihan Hukum Laut Bersama Coast Guard dari 17 Negara
IST
Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersama Jakarta Center Of Law Enforcement Cooperation (JCLEC) menyelenggarakan program Law of the Sea and Maritime Enforcement Training, dihadiri oleh 17 negara anggota Heads Of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) di JCLEC, Semarang, Jawa Tengah pada Senin (22/4/19). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Keamanan Laut (Bakamla) bersama Jakarta Center Of Law Enforcement Cooperation (JCLEC) menyelenggarakan program Law of the Sea and Maritime Enforcement Training, dihadiri oleh 17 negara anggota Heads Of Asian Coast Guard Agencies Meeting (HACGAM) di JCLEC, Semarang, Jawa Tengah pada Senin (22/4/19).

Penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini merupakan komitmen Bakamla dalam forum HACGAM.

Terhitung sejak tahun 2017, Bakamla sebagai Indonesian Coast Guard berkomitmen untuk menjadi salah satu Lead Pilar Capacity Building agar dapat secara langsung memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan dan kapasitas anggota-anggota HACGAM.

Kepala Bakamla Laksdya Bakamla A Taufiq R dalam sambutannya mengatakan pelatihan tersebut bukan hanya sekedar untuk meningkatkan pemahamam terhadap aspek hukum laut internasional dan penerapannya namun juga ajang untuk mengenal satu sama lain.

Baca: Bakamla Dukung Telkom Amankan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL)

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kasubbag Humas Bakamla Letkol Bakamla Mardiono dalam keterangan resmi yang diterima Tribunnews.com pada Senin (22/4/2019).

"Pelatihan ini bukan hanya sekedar untuk meningkatkan pemahaman terhadap aspek hukum laut internasional dan penerapannya, namun juga merupakan kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain," kata Taufiq.

Direktur Eksekutif Program JCLEC Superintendent Greg Davis dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Bakamla selaku pihak penyelenggara.

Superintendent Davis berharap, selain sebagai wadah peningkatan kemampuan personel, kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan antar instansi coast guard, khususnya bagi negara anggota HACGAM.

Davis juga mengungkapkan harapannya agar pelatihan ini menciptakan ide-ide untuk pembentukan kerja sama baru, yang mungkin dapat diimplementasikan di masa mendatang, dalam keamanan dan keselamatan laut di kawasan.

Selain Bakamla, peserta pelatihan terdiri perwakilan coast guard negara anggota HACGAM, antara lain Australia, Bangladesh, Brunei Darussalam, Filipina, Hong Kong, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, Maladewa, Pakistan, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Turki, Vietnam.

Jajaran pejabat dan staf Bakamla yang turut hadir dalam kegiatan pembukaan ini antara lain Plh Direktur Kerja Sama Kolonel Bakamla Salim, Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama.

Kemudian Kasi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Letkol Bakamla Hudiansyah Is Nursal, Kasubbag TU Kepala Bakamla Letkol Bakamla Ridwansyah, Kasi Renlat Opsla Ditlat Bakamla RI Mayor Bakamla Angga Heryana, dan Staf Seksi Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Letda Bakamla Vida Gessy Zerlina.

Dari JCLEC turur hadir Program Manager AKBP Widya Anugrah, Kabag Pengembangan Kapasitas Kombes Pol Daru, dan Program Manager Kombes Pol Agus Broto.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Gita Irawan
Editor: Fajar Anjungroso
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas