Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

TTX Hadapi Ancaman Gempa Akibat Sesar Lembang

Badan Nasional Penanggulangna Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan geladi

TTX Hadapi Ancaman Gempa Akibat Sesar Lembang
Instagram @stageof.yogya
Gempa telah mengguncang Klaten, Jawa Tengah pada Selasa (9/4/2019) sore hari ini. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Badan Nasional Penanggulangna Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan geladi ruang atau tabletop exercise (TTX) pada Selasa (23/4/2019) di Lembang, Jawa Barat.

TTX yang melibatkan berbagai pihak dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional mengangkat tema terkait dengan ancaman bahaya gempa yang dipicu akivitas Sesar Lembang.

Berdasarkan rilis yang diterima dari Sutopo Purwo Nugrohon Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB disebutkan, TTX sebagai rangkaian Hari Kesiapsiagaan Bencana ini membahas upaya pemerintah setempat dalam menghadapi ancaman bahaya Sesar Lembang.

TTX tersebut memfokuskan pada tiga tema utama, yaitu kesiapsiagaan masyarakat, aktivitasi pos komando, dan koordinasi multipihak serta penggunaan anggaran.

(BNPB) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat men
Badan Nasional Penanggulangna Bencana (BNPB) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan geladi ruang atau tabletop exercise (TTX) pada Selasa (23/4) di Lembang, Jawa Barat.

Penyelenggaraan TTX ini selaras dengan arahan Presiden RI Joko Widodo dalam rapat koordinasi BNPB dan BPBD 2019 untuk pelaksanaan simulasi latihan penanganan bencana secara berkala.

Terkait dengan potensi ancaman Sesar Lembang, TTX ini bertujuan untuk meningkatkan dan menyamakan pemahaman ancaman dan risiko bahaya.

Baca: Jokowi di Ambang Rekor, Jika Menang Lagi Maka Jadi Jawara 5 Kali Pemilu

Baca: Berhonor Rp 500 Ribu Sudah Ada 90 Yang Meninggal, Begini Beratnya Jadi Petugas KPPS

“Perlunya meningkatkan kapasitas para pemangku kepentingan yang terkait, baik pemerintah, masyarakat, pakar, dunia usaha dan media terhadap sistem komando penanganan darurat bencana,” ujar Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja pada Selasa (23/4).

Wisnu menambahkan latihan ini juga untuk menguji dan mensikronisasi rancangan Ranperpres SOP penanganan darurat bencana, Renkon BPBD Provinsi Jawa Barat dan Rencana Tindakan Kontijensi Kodam III Siliwangi.

Di samping membangun kesiapsiagan di tingkat pemangku kepentingan, BNPB dan pemerintah provinsi juga ingin membangun kesiapsiagaan masyarakat di wilayah Jawa Barat.

Selain TTX ini, BNPB juga menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti bimbingan teknis wartawan dan Pembina pramuka, latihan tanggap darurat, peningkatan kapasitas sukarelawan, latihan evakuasi dan pemasangan rambu serta papan informasi bencana, khususnya terkait dengan potensi ancaman Sesar Lembang.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Hendra Gunawan
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas