Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Pesan Penting BJ Habibie Menjelang Pengumuman Pemenang Pilpres 2019

BJ Habibie memahami kemungkinan munculnya ketidakpuasan terhadap hasil pemilihan umum, dan dirinya berpesan harus diselesaikan lewat jalur konstitusi

Pesan Penting BJ Habibie Menjelang Pengumuman Pemenang Pilpres 2019
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Presiden Ke 3 RI BJ Habibie 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden ke-3 Republik Indonesia (RI) Prof. Dr. Baharudin Jusuf (BJ) Habibie menyampaikan pesan khusus terkait situasi menjelang hasil pemilihan umum serentak yang akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada tanggal 22 Mei 2019.

Dalam pesannya melalui video yang diunggah dalam channel youtube The Habibie Center berdurasi 8 menit sejak Minggu (19/5/2019), BJ Habibie memahami kemungkinan munculnya ketidakpuasan terhadap hasil pemilihan umum, dan dirinya berpesan harus diselesaikan melalui jalur konstitusional.

“Hindari tindakan-tindakan yang dapat mempertajam polarisasi dan perpecahan di masyarakat sehingga stabilitas dan kepastian hukum dapat terjaga demi keberlanjutan pembangunan nasional,” kata Habibie.

Menurut Presiden ke-3 RI itu, di tengah situasi regional dan global tidak kondusif seperti saat ini penting bagi semua untuk secara terus-menerus memperkuat ketahanan nasional. Dengan cara itulah, menurut Habibie, bangsa Indonesia dapat saling menjaga harkat dan martabat bersama sebagai sebuah bangsa.

Baca: Penumpang Batik Air Harus Berurusan dengan Petugas Keamanan karena Merokok di Pesawat

Sebelumnya BJ Habibie menyampaikan, bangsa Indonesia baru saja melaksanakan pemilihan umum serentak sebagai sebuah ikhtiar bersama dalam rangka merawat keberlangsungan demokrasi di Indonesia.

Saat ini, lanjut Habibie, semua pihak tengah menunggu hasil rekapitulasi suara di tingkat nasional oleh Komisi Pemilihan Umum, sebuah lembaga penyelenggara pemilihan umum yang keberadaannya merupakan amanat konstitusi.

Baca: Huawei Terancam Kehilangan Akses Lisensi ke OS Android dari Google

Tentu dalam pelaksanaan pemilihan umum, sambung Habibie, masih terus perlu diupayakan perbaikan-perbaikan bersama.

“Namun saya sungguh meyakini jika bangsa Indonesia dapat terus meningkatkan kualitas demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta menjaga persatuan, maka kita mampu mencapai cita-cita luhur bangsa Indonesia,” ucap Habibie.

Reporter: Yudho Winarto

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul BJ Habibie angkat bicara jelang pengumuman hasil pemilu 2019

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pilpres 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas