Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Keren, Ditjen PSP Turut Beri Bantuan Korban Banjir di Sultra

Diketahui, wilayah yang terdampak banjir ada 4 Kabupaten, yakni Kabupaten Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe, dan Konawe Selatan.

Keren, Ditjen PSP Turut Beri Bantuan Korban Banjir di Sultra
dok. Kementan

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) turut berpartisipasi memberikan bantuan bagi korban banjir di sejumlah wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Diketahui, wilayah yang terdampak banjir ada 4 Kabupaten, yakni Kabupaten Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe, dan Konawe Selatan.

Ditjen PSP juga menggandeng stakeholder dalam memberikan bantuan. Di antaranya Jasindo yang merupakan mitra asuransi pertanian, dan Pupuk Indonesia yang merupakan mitra program pupuk bersubsidi.

Bantuan yang diberikan Ditjen PSP sebanyak 1 truk dengan nilai sebesar Rp 47.8 juta. Bantuan terdiri dari Beras 4 ton senilai Rp 40 juta, Air Mineral 200 karton senilai Rp 7,8 juta termasuk pengangkutan bantuan ke lokasi banjir. Sementara bantuan dari Pupuk Indonesia sebanyak 14 truk senilai Rp 400 juta, dan Jasindo sebanyak 1 truk senilai Rp 25 juta. Total bantuan senilai Rp 472.800.000 (15 unit truk).

Dirjen PSP Sarwo Edhy mengatakan, pihaknya juga siap memberikan bantuan secepat mungkin apabila terjadi kerusakan jaringan irigasi pertanian.

"Apabila ada irigasi yang rusak, segera ajukan untuk rehabilitasi. Untuk kerusakan-kerusakan di lahan pertanian, apabila membutuhkan excavator, kita juga bisa segera merelokasi," kata Sarwo Edhy, Kamis (14/6).

kementan-150619-1

Sarwo Edhy menjelaskan, untuk para petani yang telah mengikuti asuransi pertanian, akan mendapatkan ganti rugi berupa uang. Sementara bagi petani yang belum mendaftar asuransi, pemerintah sudah menyiapkan alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk bantuan benih dan alat mesin pertanian (alsintan).

"Insya Allah, bagi yang sawah dan kebunnya rusak, kami akan salurkan bantuan bibit, pupuk, alat mesin pertanian dalam bentuk brigade dan sebagainya. Kita akan inventarisasi langsung untuk mengetahui tingkat kerusakan dan memberikan bantuan sehingga produksi tanaman pangan, perkebunan dan holtikultura bisa kembali dijalankan," jelasnya.

"Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. Terkhusus para petani yang lahannya juga terdampak," sambungnya.

Sebelumnya, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman memantau langsung pengiriman bantuan dan memastikan bantuan terdistribusi dengan baik dan tepat sasaran di Kabupaten Kolaka Timur, Konawe Utara, Konawe, dan Konawe Selatan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas