Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2015

Cara Sederhana Mengecek Mobil Sebelum Mudik Lebaran

Jika mobil pilihan sudah didapat, persiapan mudik Lebaran selanjutnya adalah mengecek kesiapan fisik mobilnya

Cara Sederhana Mengecek Mobil Sebelum Mudik Lebaran
Kompas Nasional/PRIYOMBODO
Montir melakukan perbaikkan pada mobil pelanggan di Toyota Astra Motor Sudirman, Jakarta, Jumat (27/7). Bengkel tersebut menawarkan jasa servis mobil untuk mudik lebaran dengan potongan harga guna menghindari lonjakan permintaan jelang lebaran nanti. Petugas mengakui saat ini mulai terjadi peningkatan permintaan servis mobil hingga 20 persen. Kompas/Priyombodo (PRI) 27-07-2012 

TRIBUNNEWS.COM - Jika mobil pilihan sudah didapat, persiapan mudik Lebaran selanjutnya adalah mengecek kesiapan fisik mobilnya. Ada beberapa bagian yang kudu dicek kesiapannya buat bertarung melawan perjalananjauh dan jalan tidak menentu, yakni plat kopling, rem, serta bearing/bantalan roda/lager. Berikut beberapa cara sederhana mengecek mobil sebelum mudik Lebaran:

- Plat kopling

Untuk mengetahui aus tidaknya plat kopling, tidak harus membongkar transmisi. Caranya, saat mesin hidup, tarik tuas rem tangan. Masukkan gigi satu lalu lepas koplingnya perlahan. Rasakan perpindahan tenaga, sambil perhatikan kinerja mesin. Bila mesin langsung mati, berarti kopling masih dalam kondisi prima. Pastikan rem tangan mobil kita pakem. Bisa juga dengan cara lain. Jalankan mobil seperti biasa. Ketika jalan, injak gas tiba-tiba. Jika mesin meraung-raung dulu baru jalan berarti plat koplingnya minta dibelikan yang baru.

- Rem

Kampas rem sangat sering dipakai. Jadi, mesti “sehat”. Untuk mengeceknya, pada rem cakram cukup buka ban dan periksa ketebalan kampasnya. Kalau yang masih teromol, ada pekerjaan tambahan, yakni membersihkan rumah teromolnya. Gunakan kuas untuk membersihkannya.

- Bearing/bantalan roda/lager

Biasanya, mobil yang dibawa mudik akan menerima beban lebih dari biasanya dan menempuh perjalanan jauh. Bila muncul suara dengungan dari roda, kemungkinan bearing-nya minta diganti yang baru. Untuk memeriksanya dongkraklah mobil Kita. Kemudian goyang-goyangkan rodanya, ke atas, bawah, kiri-kanan. Kalau terasa ada celah dan terasa berguncang, sebaiknva lekas diganti. Kalau sudah dicek semua dan tidak ada masalah, selamat mudik deh! Jangan lupa, gunakan sabuk keselamatan. (Intisari, 2005)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Intisari
  Loading comments...
Tags
mudik

Berita Terkait :#Mudik Lebaran 2015

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas