Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

4 Balapan Paling Bergensi Di Indonesia, Mana Nih yang Jadi Favoritmu?

Tak kalah dengan ajang bergengsi di luar negeri, di Indonesia banyak sekali kejuaraan balapan motor yang menjadi wadah bersaing para talenta berbakat.

4 Balapan Paling Bergensi Di Indonesia, Mana Nih yang Jadi Favoritmu? - yamaha_20171114_100819.jpg
4 Balapan Paling Bergensi Di Indonesia, Mana Nih yang Jadi Favoritmu? - yamaha_20171114_101110.jpg
4 Balapan Paling Bergensi Di Indonesia, Mana Nih yang Jadi Favoritmu? - yamaha_20171114_101127.jpg

Tak kalah dengan ajang bergengsi di luar negeri, di Indonesia banyak sekali kejuaraan balapan motor yang menjadi wadah bersaing para talenta berbakat dan mengembangkan diri para pebalap sehingga siap mewakili Indonesia di ajang internasional.

Dihimpun oleh Tribunnews.com, berikut tiga balapan bergensi yang rutin digelar di Indonesia.

Motoprix

Diadakan di beberapa wilayah di Indonesia, Motoprix merupakan balapan untuk motor jenis bebek dan masuk dalam daftar balapan populer. Lewat ajang ini banyak pabrikan sepeda motor yang mencari bibit-bibit unggul pebalap muda Indonesia.

Ada beberapa kelas yang diperlombakan. Mulai dari kelas bebek 125cc hingga kelas bebek 150cc.

Tak hanya di pulau Jawa, salah satu balapan berlevel Kejuaraan Nasional (Kejurnas) ini juga dihelat di kawasan Timur Indonesia.

Supermoto

Masuk dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas), balapan ini menggabungkan teknik road race dan motocross. Sirkut yang ada pun tak hanya trek aspal namun juga berbentuk tanah sebab balapan ini diikuti oleh pembalap road race Idan crosser.

Indospeed Race Series (IRS)

Balapan berlevel tertinggi ini ditujukkan untuk kelas sport yang memang hanya diselenggarakkan di Sirkuit Sentul Bogor, Jawa Barat. Penyebabnya, kelas yang dilombakan motor-motor sport mulai dari kategori 150cc, 250cc, hingga supersport 600cc.

Maka tak mengherankan jika sirkuit Sentul menjadi lokasi paling representatif untuk menggelar Kerjurnas Indonspeed. Namun, bila dilihat dari kapasitas penonton, balapan ini termasuk sepi karena lokasi trek yang jauh dari pemukiman warga.

Yamaha Sunday Race

Yamaha Sunday Race merupakan event bergengsi yang berjalan selama empat seri. Telah berakhir di sirkuit Sentul, Bogor, Sabtu – Minggu kemari (4-5 November), sebanyak 180 starter yang ambil bagian dalam gelaran balapan ini dan mereka sangatlah memanjakan rekan komunitas dan pebalap profesional.

“Yamaha Sunday Race 2017 sudah memasuki tahun ketiga. Ini sebagai upaya Yamaha untuk memberikan edukasi kepada rekan-rekan komunitas. Terbukti catatan waktu mereka semakin tajam. Perilaku mereka juga semakin disiplin. Disamping pula membangun manajemen rider kepada para pembalap profesional untuk dapat berprestasi di level nasional dan internasional,“ ujar M Abidin, General Manager After Sales & Motor Sports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang hadir di Sentul.

Yamaha juga mengajak ribuan pengguna motor Yamaha yang tergabung dalam komunitas YRFI Jabodetabek untuk turut merasakan kentalnya atmosfer balap di Yamaha Sudany Race.

Galang Hendra juga ikut memimpin ribuan bikers dari berbagai komunitas yang melakukan victory lap di Sentul. Galang pun menjadi pusat perhatian ribuan komunitas dan pengunjung.

Secara umum, YSR seri 4 ini adalah penentuan siapakah yang akan menjadi juara umum Yamaha Sunday Race 2017 (YSR 2017). Persaingan berlangsung ketat di kelas Rider Profesional. Terlebih di kategori Sport 150 cc Pro.

Hingga pada akhirnya, Richard Taroreh merebut juara umum Sport 150 cc Pro walaupun hanya finish ke-4. Untuk podium juara serinya direbut Febrianus Balank, diikuti Rafid Topan dan Hendriansyah.

Untuk kelas Sport 250 cc diplot berdasarkan hasil kualifikasi. Namun sayang, diputuskan oleh Sigiti Widiyanto selaku Race Director balapan tidak berjalan atau dibatalkan karena kondisi lintasan yang dianggap berbahaya setelah terkena guyuran hujan. Alhasil, pemenang diambil dari hasil kualifikasi. Akhirnya Rey Ratukore merebut juara umum Sport 250 cc Pro.

Pada bagian lain, juara umum di 250 cc Com Pro diraih oleh Reynaldi Andriawan (YROI Bogor), 250 Com A diraih oleh Febri Gunawan (YROI Kuningan) dan 250 cc Com B diraih oleh Andri Gunawan (YROI Batam).

Juara umum di kelas 150 Com A diraih oleh Radityo Wibisono (Ravens 15 Tangerang) dan 150 cc Com B diraih oleh Khanafi Kurniadi (TROW Tangerang R15 Owners). Juga untuk kelas Superstock up to 1000 cc diraih oleh Danni Setiawan (R15 Racing Team).  

Tak hanya itu, Yamaha Sunday Race 2017 Sentul secara konsisten menghadirkan All New R15 Riding Experience, serta kegiatan edukasi dalam Yamaha Goes To School Safety Riding Competition yang diikuti 24 pelajar dari 8 kota dan kompetisi antar instruktur nasional YRA yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Termasuk bebagai acara hiburan dan game-games yang berhadiah menarik.

“Berkat karunia dan nikmat Tuhan Yang Maha Esa, Yamaha Sunday Race 2017 Seri 4 berjalan dengan baik Dengan ini, kami mengucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada para pihak yang telah menjadi sponsor (IDEMITSU, MOTOBATT, KAYABA, NGK, IRC, CARGLOSS, PIRELLI, BRT NISSIN, DUNLOP, TEKIRO, PERTAMINA) yang telah ikut berpartisipasi. Kami akan mengevaluasi juga mengambil langkah langkah teknis dan non teknis dalam memperbaiki dan memberikan ide baru agar YAMAHA SUNDAY RACE ini tetap menjadi The Biggest Race Community event  di Indonesia di waktu mendatang,“ ungkap Kadek Suma, Divisi Motor Sports YIMM yang menjadi penanggung-jawab YSR 2017.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas