Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Ketahui Kebiasaan Buruk Penggunaan Transmisi Manual dan Matik

Pada transmisi manual ataupun matik, ketika ingin mundur, pastikan mobil sudah dalam posisi diam, jangan memindahkan tuas transmisi ke posisi R

Ketahui Kebiasaan Buruk Penggunaan Transmisi Manual dan Matik
TRIBUNNEWS.COM/FAJAR
Tuas transmisi matik 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sistem transmisi secara umum dibagi menjadi 2 jenis, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.

Nah kali ini akan membahas perilaku atau kebiasaan buruk pengunaan transmisi manual dan matik yang bisa menyebabkan kerusakan.

"Penggunaan transmisi baik manual maupun matik yang tidak benar dampaknya transmisi bisa mengalami stress yang kemudian akan menurunkan performa transmisi, bahkan bisa menyebabkan kerusakan sehingga perlu dilakukan overhaul transmisi," kata Erwin, Kepala Bengkel Auto2000 Pasar Kemis, Tangerang.

Pada transmisi manual ataupun matik, ketika ingin mundur, pastikan mobil sudah dalam posisi diam, jangan memindahkan tuas transmisi ke posisi R saat mobil masih melaju ke depan.

Begitupun sebaliknya, dari keadaan mundur dan ingin melaju ke depan, pastikan mobil sudah berhenti atau diam, sebelum memindahkan tuas transmisi ke D atau gigi 1.

Erwin menjelaskan, pemakaian transmisi yang seperti itu bisa mempercepat keausan komponen gir di dalam transmisi.

Kemudian perpindahan posisi gigi percepatan di saat yang tidak tepat pada transmisi manual yang diiringi dengan pemakaian kendaraan yang melebihi beban muatan juga tidak disarankan.

Erwin menambahkan, Hal ini dapat menyebabkan beban kerja transmisi menjadi berlebihan.

Kemudian pada transmisi matik, ketika ingin melaju dari posisi Netral, pastikan gas atau putaran mesin (rpm) sudah dalam posisi idle.

Jangan langsung memindahkan tuas transmisi ke D saat gas atau putaran mesin belum di posisi idle.

Baca: Ketahui Duit yang Dihabiskan untuk Servis Transmisi Matik Nissan Livina

Ketika mobil berhenti cukup lama, jangan biarkan posisi transmisi di posisi D sambil menginjak rem, sebaiknya pindahkan tuas transmisi ke N atau P.

"Jika dibiarkan berhenti yang cenderung lama di posisi D dan menginjak rem, girboks matik akan mengalami stress dan oli transmisi akan cepat panas," kata Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel Worner matic.

Stress di girboks yang kemudian menyebabkan oli transmisi panas bila dibiarkan terus menerus akan berdampak penurunan performa transmisi matik. 

Berita in isudah tayang di gridoto berjudul Terungkap, Ini Kebiasaan Buruk Penggunaan Transmisi Manual dan Matik

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Gridoto
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas