Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Lebaran 2019

Mudik ke Kampung Halaman Naik Motor? Cermati Enam Poin Penting Ini

Tak sedikit masyarakat yang pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasinya.

Mudik ke Kampung Halaman Naik Motor? Cermati Enam Poin Penting Ini
IST
Eko Kahono berencana mudik ke kampung halamannya di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, di Idul Fitri 1440 Hijriah ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tradisi pulang kampung atau mudik ke kampung halaman menjadi tradisi yang dilakukan setiap tahun menjelang Idul Fitri oleh masyarakat di Indonesia.

Tradisi ini menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama sanak saudara yang selama ini tinggal berjauhan untuk merayakan hari raya bersama-sama.

Tak sedikit masyarakat yang pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasinya.

Seperti dilakukan Eko Kahono, pengguna Yamaha Lexi ini berencana menyambangi keluarganya dari di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

”Untuk pertama kalinya saya akan menggunakan Lexi warna hitam milik saya, rencananya 30 Mei nanti berangkat dari Tangerang. Teman-teman saya juga mau pakai Lexi, diajak bareng karena sama-sama ke area Jawa," ungkap Eko.

Baca: Tips Mudik: Cek 11 Item Ini di Kendaraan Sebelum Berangkat Pulang Kampung

Eko merasa nyaman saja melakukan perjalanan jauh menggunakan skutik 125 cc ini. Salah satu alasannya adalah dimensi bodi motornya yang menurutnya cukup besar dengan ruang kakinya yang luas dan bisa pakai bagasi untuk membawa barang.

"Yang saya suka stang Lexi bikin tangan nggak pegel. Colokan charger handphone juga membantu agar handphone tetap aktif dalam perjalanan nanti," ujar Eko yang sehari-hari saya juga pakai Lexi untuk berangkat kerja dan aktivitas touring.

Jika Anda akan mudik dengan bersepeda motor ala Eko Kahono, berikut sedikit tips nyaman mudik dengan motor untuk perjalanan jauh:

1. Lakukan pemeriksaan sepeda motor seperti pengecekan oli, tekanan ban, kelistrikan dan fungsi rem.

2. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi agar konsentrasi berkendara terjaga baik. Disarankan berangkat pagi hari karena kondisi badan lebih fit dan fokus di jalan. Berangkat malam hari bukan jam ideal berkendara karena merupakan jam biologis manusia untuk istirahat/tidur.

3. Berkendaralah tidak lebih dari 2 jam tanpa istirahat agar tetap konsentrasi di jalan. Gunakan tempat istirahat yang disediakan.

4. Hindari berkendara lebih dari dua orang dan jangan membawa barang berlebihan untuk menjaga safety saat berkendara di jalan.

5. Siapkan jas hujan. Gunakan sepatu yang menutupi mata kaki, helm full face SNI dan body protector, jaket dan celana panjang berbahan yang tebal, sarung tangan.

6. Buat perencanaan berkendara dan cek rute terlebih dulu untuk mendapatkan informasi mengenai rute yang aman dan karakter jalan yang akan dilalui.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Berita Terkait :#Mudik Lebaran 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas