Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Ketua DPR: Pemda Perlu Alokasikan 20 Persen Dana APBD untuk Pendidikan

"Komitmen pemerintah daerah dalam mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk sektor pendidikan dinilai masih belum efektif"

Ketua DPR: Pemda Perlu Alokasikan 20 Persen Dana APBD untuk Pendidikan
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Sejumlah siswa SMP Ma'arif pulang sekolah, di Jalan Terusan Galunggung, Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Rabu (19/7/2017). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai komitmen pemerintah daerah belum efektif terkait pengalokasian anggaran pendidikan dari dana APBD.

Menurutnya, seharusnya anggaran yang dari APBD untuk sektor pendidikan dikeluarkan sekurangnya 20 persen.

"Komitmen pemerintah daerah dalam mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk sektor pendidikan dinilai masih belum efektif,” ujar Bamsoet, Senin (12/2/2018).

Bamsoet menuturkan, keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan bisa terlihat dari besaran dana yang dianggarkan.

Padahal pemerintah pusat, kata mantan Ketua Komisi III itu, telah meningkatkan jumlah transfer dana kepada pemerintah daerah khusus untuk sektor itu.

Oleh karena itu, politisi Golkar itu meminta Komisi X DPR mendorong dua kementerian terkait, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait sinkronisasi dalam pengalokasian anggaran tersebut.

Baca: Alasan Unilever Mengancam Stop Beriklan di Google dan Facebook

Baca: Polisi Panggil Manajemen Bus Premium Passion

“Meminta Komisi X mendesak Kemendikbud untuk mendorong pemda mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk pendidikan,” tegas Bamsoet.

Tidak hanya meminta mendorong sinkronisasi antara dua kementerian itu, namun ia juga meminta agar Komisi X melakukan evaluasi dana sebesar 20 persen itu.

“Sehingga target dari pembangunan pendidikan oleh pemerintah dapat tercapai dan tepat sasaran,” kata Bamsoet.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas