Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Ombudsman: Kota Depok Rajai Praktik Pungli dan Jual Beli Bangku SMA Negeri

"Kami sedang dalam proses verifikasi faktual terkait laporan pungli dan jual beli bangku sekolah di SMA negeri yang terjadi Depok, Bekasi dan Bogor."

Ombudsman: Kota Depok Rajai Praktik Pungli dan Jual Beli Bangku SMA Negeri
WARTA KOTA/MUHAMAD AZZAM
Rina (50) orang tua yang mengeluhkan anaknya tidak masuk sekolah negeri. Dia menduga ada ketidakjujuran dalam sistem zonasi ini. Banyak yang pindah KK atau numpang KK agar bisa diterima di sekolah tujuan meskipun tidak satu zona. 

Laporan Reporter Warta Kota, Budi Sam Law Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya Teguh P Nugroho mengatakan selama penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA negeri 2018, pihaknya mendapat sejumlah laporan dan temuan adanya pungli dan jual beli bangku sekolah di Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

Dari sejumlah laporan dan temuan di wilayah yang kewenangannya dibawah Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya itu, kata Teguh Kota Depok tercatat paling banyak ditemukannya kasus pungli dan jual beli bangku sekolah dalam PPDB SMA tahun 2018 ini.

"Dari hasil temuan dan laporan yang masuk di wilayah kewenangan kami, Kota Depok adalah yang terbanyak ditemukan praktik pungli dan jual beli bangku sekolah dalam PPDB SMA 2018 ini," kata Teguh, Kamis (19/3/2018).

Hal itu kata dia menandakan hampir di semua SMA Negeri di Depok terjadi penyelewangan dalam PPDB SMA 2018 ini.

Baca: Jambret Beraksi di Trotoar Depan Senayan City Rabu Malam, Samsung Galaxy Note 8 Melayang

Dia menjelaskan, saat ini Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya sedang melakukan verifikasi faktual untuk mengumpulkan bukti mengenai adanya pungli dan jual beli bangku sekolah negeri yang terjadi di Depok, Bekasi dan Bogor.

"Kami sedang dalam proses verifikasi faktual terkait laporan pungli dan jual beli bangku sekolah di SMA negeri yang terjadi Depok, Bekasi dan Bogor. Ada tim yang turun melakukan pemantauan itu sejak PPDB bergulir," kata Teguh.

Baca: Honeywell Pasok Teknologi Avionik untuk Pesawat N219 Buatan PT Dirgantara Indonesia

Untuk melengkapinya kata Teguh, Ombudsman sudah menjadwalkan pemanggilan terhadap pihak Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat untuk diperiksa dan bagian dari investigasi.

"Kami sudah jadwalkan pemanggilan pihak Disdik Jabar pekan depan. Rencananya akan dipanggil Selasa atau Rabu, pekan depan," kata Teguh.

Menurut Teguh pemanggilan merupakan bagian dari pihaknya dalam menyusun laporan akhir hasil pemeriksaan proses PPDB di Depok, Bogor, Bekasi dan Jakarta.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Warta Kota
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas