Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

BNN Bilang 24 Persen Pengguna Narkoba Adalah Pelajar, Ini Tanggapan Kemendikbud

Karena presentasenya itu, jadi di sini harus dilihat dari presentase jumlah juga," ujar Ari,

BNN Bilang 24 Persen Pengguna Narkoba Adalah Pelajar, Ini Tanggapan Kemendikbud
TRIBUNNEWS/VINCENTIUS JYESTHA
Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Ari Santoso 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) merilis temuan surveinya terkait pengguna narkoba secara keseluruhan yang ternyata 24 persen diantaranya adalah pelajar.

Menanggapi hal itu, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Ari Santoso, meminta untuk melihat dari sisi persentase jumlah pelajar yang memang besar.

Ia mengatakan, jumlah siswa dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berjumlah 50 juta anak. Sedangkan di tingkat Perguruan Tinggi (PT) hanya sekitar 3,5 juta orang.

"Makanya kalau kita ambil berapa pengguna narkona pelajar dan mahsiswa, paling banyak pasti pelajar. Karena presentasenya itu, jadi di sini harus dilihat dari presentase jumlah juga," ujar Ari di Kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (13/8/2018).

Ia mengatakan Kemendikbud sendiri telah mengenyahkan narkoba dari lingkup pendidikan. Salah satu caranya dengan melakukan kerjasama bersama BNN.

Baca: Enam Pesan Penting Muhammadiyah untuk Prabowo dan Sandiaga Uno

Di sisi lain, Ari menegaskan materi anti narkoba tidak perlu dimasukan dalam kurikulum belajar siswa. Menurutnya, semakin banyak kurikulum, akan semakin membebani siswa.

Ia menilai peserta didik akan mengalami stres akibat terbebani materi pembelajaran yang terlampau banyak. Sehingga, solusi yang diberikan adalah melalui pendidikan karakter.

"Tapi kepastian apa itu (narkoba) memang ini sangat rawan. Makanya kemarin pak Menteri bekerjasama juga dengan BNN, ya itu untuk salah satunya penangan ini," kata Ari.

"Yang jelas kita punya pendidikan karakter, nah di situ salah satunya masuk bahwa penggunaan narkoba itu bukan suatu yang baik," ujarnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas