Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

T-Perpus, Strategi Ala Telkomsel untuk Tingkatkan Minat Baca

T-Perplus merupakan program CSR dari Telkomsel yang dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca masyarakat Indonesia.

T-Perpus, Strategi Ala Telkomsel untuk Tingkatkan Minat Baca
TRIBUNNEWS/BRIAN PRIAMBUDI
Director of Human Capital Management Telkomsel, Irfan Tachrir, di acara peluncuran T-Perpus di Jakarta, Senin (20/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Brian Priambudi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Telkomsel bekerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara meluncurkan aplikasi platform perpustakaan online yang bernama T-Perpus.

T-Perplus merupakan program CSR dari Telkomsel yang dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca masyarakat Indonesia.

Director of Human Capital Management, Irfan Tachrir mengatakan Telkomsel akan memberikan secara gratis untuk 5.000 user pertama T-Perpus.

"Untuk minat bacanya memang bagaimanapun juga kita kan program CSR. Untuk mencapai user kita akan berikan free pada 5.000 user pertama. Karena masih dalam tahap development, kontennya juga akan kita develop terus. Sistemnya juga seperti itu," ujar Irfan saat ditanya media di Kantornya, Senin (20/8/2018).

Pada kesempatan yang sama, Manager Director Gramedia Digital Nusantara, Kelvin Wijaya mengatakan rendahnya minat baca masyarakat didasari oleh harga buku yang mahal.

"Kita dari gramedia pernah melakukan penelitian kenapa minat baca masyarakat indonesia itu rendah. Ternyata faktornya bukan karena masyarakat Indonesia nggak suka baca. Kita juga menemukan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi minat baca seseorang itu adalah harga," ujarnya.

Baca: Asyik, Dian Sastrowardoyo Kini Jadi Pengisi Suara di Aplikasi Navigasi Waze

Kevin menjelaskan hal tersebut terbukti ketika pihaknya melakukan diskon terhadap buku yang dijual, ternyata banyak masyarakat Indonesia yang antusias membeli buku.

"Karena ketika melakukan diskon ternyata pembaca datang. Jadi apakah masyarakat indonesia tingkat bacanya rendah itu benar. Tapi justru ini adalah effort kami supaya bagaimana caranya buku itu bisa lebih aksesible ke seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

Baca: Mahfud MD Tolak Permintaan Jadi Ketua Tim Sukses Jokowi-Maruf

Sehingga Telkomsel dan Gramedia Digital Nusantara meluncurkan perpustakaan berbasis digital T-Perpus dengan harapan format digital akan memberikan aksesibilitas yang lebih mudah dan dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

"Kita percaya ketika kita ngasih aksesibilitas yang lebih bagus maka minat baca masyarakat indonesia juga akan meningkat," ujarnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Brian Priambudi
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas