Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Indonesia akan Miliki Laboratorium yang Memiliki dengan Ketelitian Tertinggi

Konsumen utama laboratorium SNSU adalah 254 laboratorium kalibrasi yang diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan 1200 laboratorium uji

Indonesia akan Miliki Laboratorium yang Memiliki dengan Ketelitian Tertinggi
Istimewa
Menteri Negara Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Muhammad Nasir dan Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya, melakukan pemancangan tiang pertama/ground breaking pembangunan gedung laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran/SNSU BSN di Komplek Puspiptek, Tangerang Selatan, Rabu (5/9/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Menteri Negara Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi Muhammad Nasir dan Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya, melakukan pemancangan tiang pertama/ground breaking pembangunan gedung laboratorium Standar Nasional Satuan Ukuran/SNSU BSN di Komplek Puspiptek, Tangerang Selatan, Banten (5/9/2018).

Pembangunan gedung ini adalah sebagai bagian implementasi amanah Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian.

Ini akan memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan SNSU di Indonesia.

Kepala Pusat Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi BSN, Donny Purnomo JA menerangkan, pembangunan gedung ini utamanya laboratorium SNSU bidang biologi, radiasi dan peralatan kesehatan dan perluasan laboratorium metrologi fisika dan kimia.

“Pembangunan gedung ini untuk melengkapi laboratorium SNSU yang sudah existing di Pusat Penelitian Metrologi (P2M) LIPI dan dialihkan ke BSN berdasarkan Perpres No. 4 Tahun 2018,” ujarnya, Rabu (5/9/2018).

Dengan dibangunnya gedung SNSU BSN, maka banyak manfaat yang akan dipetik oleh masyarakat seperti untuk pengelolaan SNSU biologi adalah tersedianya bahan acuan nasional di bidang biologi yang selama ini masih tergantung kepada negara lain.

Baca: 5 Aksi Kolaboratif Yang Hanya Ada di Soundrenaline 2018

Selain itu, juga perluasan cakupan bahan acuan bidang kimia, dan penguatan acuan untuk kalibrasi peralatan kesehatan.

“Konsumen utama laboratorium SNSU adalah 254 laboratorium kalibrasi yang diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan 1200 laboratorium uji yang memerlukan ketertelusuran dari bahan acuan kimia, biologi dan fisika,”tambah Donny.

Gedung Laboratorium SNSU BSN nantinya akan menempati lahan seluas 15.000 m2 dengan total bangunan mencapai 10.900 m2.

Adapun pembangunan fisik laboratorium direncanakan selesai pada bulan Mei 2020.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas