Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Olahan Rumput Laut Andalan UMKM Binaan Pertagas Ramaikan HUT BUMN

Mitra binaan PT Pertamina Gas (Pertagas) ini membuka stand di arena bazar dan produknya sangat diminati pengunjung.

Olahan Rumput Laut Andalan UMKM Binaan Pertagas Ramaikan HUT BUMN
Pertamina
Mengusung merek Rulaku, atau Rumput Lautku, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini menghadirkan sejumlah panganan khas dari bahan rumput laut. 

Kemeriahan HUT ke-21 Kementerian BUMN di GOR Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (7/4/2019) turut diramaikan oleh Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Samudra Hijau Putri. Mitra binaan PT Pertamina Gas (Pertagas) ini membuka stand di arena bazar dan produknya sangat  diminati pengunjung.

Mengusung merek Rulaku, atau Rumput Lautku, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini menghadirkan sejumlah panganan khas dari bahan rumput laut.

"Manu andalah Rulaku adalah mie rumput laut dan kerupuk rumput laut," ujar Munawaroh, salah seorang anggota kelompok Samudra Hijau Putri.

Dikatakan olehnya, mie rumput laut dan kerupuk rumput laut Rulaku mendapat respon yang sangat baik dari pengunjung acara. 400 paket mie dan kerupuk Rulaku ludes dalam waktu cepat.

"Alhamdulillah pengunjung sangat suka dengan mie dan kerupuk Rulaku," ujarnya.

Pertagas menjadikan poklahsar Samudra Hijau Putri sebagai mitra binaan sejak 2017 lalu. Kelompok yang beranggotakan mayoritas bermatapencaharian di sektor tambak ini berada di Dusun Tanjungsari, Desa Kupang, Kecamatan Jabon,  Sidoarjo, Jawa Timur.

"Kami melihat ada potensi yang bisa dikembangkan dari kelompok ini, karena itu Pertagas hadir memberikan bantuan CSR," ujar Manager PR & CSR Zainal Abidin.

Selama ini, tambahnya, ibu-ibu di Desa Kupang hanya fokus bekerja di tambak sebagai penjemur rumput laut. Dengan masuknya CSR Pertagas, mereka didorong untuk mampu menghasilkan produk turunan berupa makanan olahan dari rumput laut. "Dengan mampu menjual produk jadi, kita berharap dapat menambah pendapatan mereka," jelasnya.

Saat ini, inovasi dan kreasi dari rumput laut yang menjadi  andalan kelompok ini, selain mie dan kerupuk juga berupa sosis rumput laut, nugget, es rumput laut,  minuman kemasan, selai dan kembang goyang.

"Kami tentu berharap produk- produk mitra binaan Pertagas ini akan mampu berkembang dan diterima oleh konsumen dalam skala pasar yang lebih luas," pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas