Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Kiai Maruf Amin Punya Gagasan 'Gus Iwan' Agar Santri Berwirausaha

"Menghilangkan berbagai kemiskinan bukan hanya untuk kaum santri bukan hanya untuk orang Islam tapi untuk seluruh bangsa ini," kata Maruf Amin

Kiai Maruf Amin Punya Gagasan 'Gus Iwan' Agar Santri Berwirausaha
Tribunnews.com/Dennis Destryawan
Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01, Maruf Amin di kediamannya 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Wakil Presiden 01 Maruf Amin menggagas program Santri Bagus Pinter Ngaji Usahawan atau disingkat Gus Iwan.

Maruf Amin mengatakan, program ini untuk menciptakan santri untuk berwirausaha. Ma'ruf ignin mengajak mereka bersama-sama untuk membangun ekonomi kemakmuran.

Baca: Maruf Amin Kiai Ajak Santri Lawan Hoaks Isu Jokowi Anggota PKI

"Menghilangkan berbagai kemiskinan bukan hanya untuk kaum santri bukan hanya untuk orang Islam tapi untuk seluruh bangsa ini," kata Maruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Sabtu (8/12/2018).

Maruf Amin berujar, santri harus aktif di bidang ekonomi guna membantu mengurangi kemiskinan. Sebab, ucap Ma'ruf, sudah sepatutnya santri bergerak menyumbang sumbansih di negeri ini.

"Jangan sampai santri menjadi beban, tetapi justru memiliki kontribusi yang sangat signifikan di dalam membawa kemajuan kemakmuran dan kesejahteraan bangsa," kata Maruf Amin.

Baca: Tak Hadir, Maruf Amin Sampaikan Pemikirannya Lewat Rekaman Suara

Maruf Amin menginginkan adanya kerja sama dari profesional. Menurutnya, santri punya banyak koperasi yang bisa menjadi wadah pembelajaran.

"Kemudian juga memberdayakan kecil misalnya buka kedai Kopi Abah dengan rakyat kecil. Itu juga sudah mulai dikembangkan. Industri kecil pertanian, pesantren kerja sama dengan petani misalnya menanam jagung dam memelihara sapi," tutur Maruf Amin.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pilpres 2019

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas