Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

8 Bulan Door to Door, Tim Akar Rumput Klaim Jokowi-Maruf Menang 52,3 Persen Suara di Jabar

Tim Akar Rumput Jokowi-Ma'ruf Amin mengklaim pasangan Jokowi-Maruf menang di 27 kota kabupaten di Jawa Barat (Jabar) dengan persentase 52,3 persen.

8 Bulan Door to Door, Tim Akar Rumput Klaim Jokowi-Maruf Menang 52,3 Persen Suara di Jabar
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Tim Akar Rumput Jokowi-Ma'ruf Amin mengklaim pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 akan menang di 27 kota kabupaten di Jawa Barat (Jabar) dengan persentase 52,3 persen. Sedangkan capres cawapres nomor urut 02 sebesar 47,7 persen. TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Tim Akar Rumput Jokowi-Ma'ruf Amin mengklaim pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 akan menang di 27 kota kabupaten di Jawa Barat (Jabar) dengan persentase 52,3 persen.

Sedangkan capres cawapres nomor urut 02 sebesar 47,7 persen.

"Selama 8 bulan, Tim Akar Rumput Jokowi-Ma'ruf Amin door to door di 1.333 desa di Jabar. Kami melakukan pemetaan pemilih menggunakan big data analiytics, artificial intelligence dan verifikasi lapangan. Didapatlah hasil 52,3 persen warga Jabar akan memilih pasangan nomor 01," ujar Ketua Tim Akar Rumput Jokowi-Ma'ruf Amin, Rida Saleh di Jalan Trunojoyo, Kota Bandung, Jumat (12/4/2019).

Rida Saleh mengatakan, mekanisme penentuan angka itu dengan memverifikasi lapangan, menemui masyarakat secara door to door dan menanyakan soal siapa pilihan presiden dan wakil presiden yang akan dipilih pada 17 April.

"Kami menggunakan basis data daftar pemilih tetap (DPT) Jabar terakhir dari ‎KPU. Kemudian tim kami memverifikasi ke lapangan secara door to doo terkait pilihan politik dari pemilih. Jadi ini sistemnya bukan survey, tapi riil menghitung dari jumlah populasi pemilih berdasarkan DPT," ujar Rida Saleh.

Selain itu, kata Rida Saleh, penentuan angka itu dibantu dengan pemantauan pemilih berdasarkan konten di media sosial untuk menentukan sejauh mana persepsi keterpilihan Jokowi.

Tim Akar Rumput Jokowi-Ma'ruf Amin mengklaim pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 akan menang di 27 kota kabupaten di Jawa Barat (Jabar) dengan persentase 52,3 persen. Sedangkan capres cawapres nomor urut 02 sebesar 47,7 persen. TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA
Tim Akar Rumput Jokowi-Ma'ruf Amin mengklaim pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 akan menang di 27 kota kabupaten di Jawa Barat (Jabar) dengan persentase 52,3 persen. Sedangkan capres cawapres nomor urut 02 sebesar 47,7 persen. TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA (Tribun Jabar/Mega Nugraha)

Namun, itu tidak jadi acuan dalam penentuan angka 52,3 persen.

Dalam verifikasi lapangannya itu pada para pemilih, kata ia, terdapat lima alasan kenapa warga memilih Jokowi.

Yakni, program Jokowi seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang dirasa bermanfaat bagi warga.

Lalu program Jokowi di bidang infrastruktur seperti Tol Cipali, Soroja, Bocimi‎, Waduk Jatigede hingga Bandara Kertajati yang semuanya mengerahkan banyak tenaga kerja.

Di sisi lain, kata Rida Saleh, karakter Jokowi yang merakyat dan berkomunikasi santun memikat pemilih Jabar.

"Alasan lainnya program dana desa yang dikucurkan oleh pemerintah di era Jokowi jadi program yang berhasil. Terakhir, sosok KH Ma'ruf Amin mampu menarik pemilih Jabar karena ketokohannya sebagai ulama, sekaligus menepis tudingan negatif terhadap Jokowi," ujarnya.

Sebagai catatan, pada Pemilu 2014, Jokowi - Jusuf Kalla meraih 40,22 persen dan Prabowo - Hatta meraih suara 59,78 persen.

"Kami meyakini capres nomor urut 01 akan memenangkan Pilpres 17 April 2019," ujar Rida.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pilpres 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas