Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pilpres 2019

Ini Strategi Pengembangan Zakat dan Wakaf versi Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno

Wakaf uang adalah wakaf berupa uang dalam bentuk rupiah yang dikelola secara produktif, hasilnya dimanfaatkan untuk mauquf alaih.

Ini Strategi Pengembangan Zakat dan Wakaf versi Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno
Jeprima
Joko Widodo dan Ma'ruf AMin di Debat Calon Presiden dan Wakil Presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Potensi dana masyarakat dalam bentuk zakat dan wakaf mencuat menjadi salah satu pertanyaan dalam debat terakhir calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres), Sabtu (13/4).

Cawapres Ma'ruf Amin mengatakan, selama ini persoalan zakat dan wakaf tersebut sudah ditangani di bawah lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ).

"Yang sekarang sedang dilakukan adalah intensifikasi dengan cara mengumpulkan wakaf uang, bukan hanya wakaf tanah, kuburan, madrasah, masjid seperti selama ini," kata Ma'ruf.

Sekadar informasi, Wakaf uang adalah wakaf berupa uang dalam bentuk rupiah yang dikelola secara produktif, hasilnya dimanfaatkan untuk mauquf alaih.

Baca: Aparat Copot Alat Peraga Kampanye Selama Masa Tenang

Pada dasarnya, penghimpunan wakaf uang dilakukan dengan menyebutkan atau menyampaikan program pemberdayaan atau peningkatan kesejahteraan umat (mauquf alaih).

Namun demikian, dapat juga disebutkan jenis atau bentuk investasinya misalnya untuk usaha retail, hanya saja tetap terbuka untuk jenis investasi lainnya.

Selain itu, Ma'ruf juga berpesan kepada lembaga pengurus zakat dan wakaf agar jangan hanya fokus menerima dana dari masyarakat.

Sementara, Cawapres Sandiaga Uno mengatakan, strategi meningkatkan dan memanfaatkan dana masyarakat dalam bentuk zakat dan wakaf ialah melalui penggunaan teknologi digital.

"Kita harus jemput bola. Digital economy akan meningkatkan penerimaan wakaf kita," tandasnya.

Berita Ini Sudah Tayang di KONTAN, dengan judul: Strategi pengembangan zakat dan wakaf versi Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pilpres 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas