Tribun Ramadan
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Mudik Bersama BUMN, Pupuk Indonesia Berangkatkan 5.500 Pemudik

Dalam rangka mudik bersama, Kementerian BUMN menggelar program Mudik Gratis BUMN

Mudik Bersama BUMN, Pupuk Indonesia Berangkatkan 5.500 Pemudik

Dalam rangka mudik bersama, Kementerian BUMN menggelar program Mudik Gratis BUMN. PT Pupuk Indonesia (Persero) turut mensukseskan program tersebut dengan memberangkatkan 5.500 pemudik dengan menyiapkan armada sebanyak 90 bus dan 4 buah kapal dengan berbagai tujuan ke sejumlah daerah pada acara Mudik BUMN.

Acara mudik bareng ini dilepas secara resmi oleh Menteri BUMN Republik Indonesia Rini Soemarno, Sabtu (9/6/2018) di Ancol, Jakarta.

Rini mengungkapkan, program Mudik Bareng BUMN 2018 merupakan salah satu wujud dari sinergi BUMN dalam melayani masyarakat. Selain sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat, “Mudik Bareng BUMN” bertujuan mengalihkan penggunaan sepeda motor ke moda transportasi yang relatif aman seperti, bus, kereta api dan kapal laut. 

Menteri BUMN juga mengapresiasi jumlah pemudik yang ikut dalam Program Mudik Bareng BUMN 2018 yang tercatat meningkat menjadi 206.209 pemudik atau naik 74,43% dari sebelumnya 118.220 pemudik di tahun 2017. Sementara kota tujuan pun bertambah menjadi 108 kota tujuan dari sebelumnya 84 kota tujuan di 2017.

“Terima kasih kepada 62 BUMN yang sudah terlibat. Saya bangga, untuk ke-empat kalinya digelar, jumlah BUMN yang terlibat bertambah banyak. Ini merupakan komitmen BUMN dalam melayani masyarakat. Semangat sinergi seperti ini akan terus kita dorong,” ungkapnya.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat mengatakan program ini merupakan program yang dicanangkan Kementerian BUMN yang bertujuan untuk mengurangi jumlah kecelakaan yang sering terjadi pada saat mudik.

"Kegiatan yang kami lakukan ini merupakan salah satu program kepedulian perusahaan yang digagas Kementerian BUMN untuk menekan angka kecelakaan pada musim mudik ini, kegiatan ini merupakan kali ke-empatnya kami mengikuti kegiatan mudik Bersama,” Kata Aas.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan Mudik Bareng BUMN ini, masyarakat yang akan mudik ke kampung halamannya dapat merasa terbantu sehingga dapat merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga besar di kampung halaman,” tambah Aas.

Pupuk Indonesia memberangkatkan 400 pemudik sedangkan anak usahanya PT Pupuk Kalimantan Timur memberangkatkan 3.900 pemudik, PT Petrokimia Gresik 400 pemudik, PT Rekayasa Industri 400 pemudik, PT Pupuk Kujang 200 pemudik, PT Pupuk Sriwidjaja 200 pemudik dengan total keseluruhan 5.500 pemudik.

Para pemudik diberangkatkan dari kota asal Jakarta, Gresik, Cikampek, Bontang dan Balikpapan ke berbagai kota seperti Solo, Yogyakarta, Wonosobo, Wonogiri, Pamekasan, Jember, Blitar, Tulung agung, Madiun, Ngawi, Surabaya, Ciamis, Kuningan Majalengka, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin, Barru dan Makassar.

Dalam mudik Gratis BUMN 2018 ini Pupuk Indonesia sangat memperhatikan kelaikan kendaraan, kesehatan pengemudi dan kenyamanan penumpangnya, antara lain dengan melakukan tes kesehatan dan sosialisasi keselamatan diberikan kepada seluruh pengemudi untuk menjamin keselamatan.

Bus yang digunakan dilengkapi alat kesehatan dan kendaraan minimal pembuatannya tahun 2012 serta disediakan supir cadangan untuk perjalanan lebih dari lima jam. Seluruh peserta mudik mendapatkan fasilitas berupa kaos dan topi, makanan ringan, obat-obatan dan asuransi perjalanan.

Kegiatan Mudik Bareng BUMN 2018 ini untuk masyarakat yang berada di lingkungan perusahaan, nasabah atau konsumen BUMN, tenaga alih daya seperti cleaning service, satpam, karyawan dan karyawati BUMN, serta pengendara sepeda motor yang dialihkan ke moda transportasi bus atau kereta.

Program mudik bersama tahun ini akan menjadi bagian dari Program "Mudik Gratis BUMN 2018", dimana total jumlah pemudik yang akan menggunakan sarana transportasi yang disediakan seluruh BUMN penyelenggara Mudik Bersama tahun 2018 mencapai sekitar 200.000 orang. (*)

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Content Writer
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas