close [x]
Tribunnews.com

Aksi Mogok Karyawan Thiess Sangatta Berlanjut

Senin, 12 Desember 2011 22:18 WIB

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Kolish Chered

TRIBUNNEWS.COM,SANGATTA - Aksi mogok kerja karyawan PT Thiess di Sangatta kini memasuki hari ke 32. Sejak memulai aksi 10 November lalu, para karyawan tetap bersikukuh menuntut perundingan kembali Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang beberapa kali mengalami deadlock dalam proses perundingan.

Sejak Sabtu (10/12/2011) lalu, para karyawan memilih menginap di gedung DPRD Kutim yang mereka anggap sebagai "rumah rakyat". Mereka berharap DPRD bisa memfasilitasi untuk mencari jalan keluar yang benar-benar solutif atas permasalahan krusial yang terjadi. Terutama memanggil management pusat Thiess.

Salah satu anggota tim perunding serikat pekerja Thiess, yang dikenal dengan tim 13, Maxi, Senin (12/12/2011), menjelaskan secara gamblang seluk beluk aksi mereka.

Kekecewaan karyawan bermula dari penilaian bahwa manajemen perusahaan telah mengulur-ngulur waktu perundingan PKB.

"Masa berlaku PKB berakhir pada 5 Oktober 2011. Sebelum berakhirnya PKB, dilaksanakan perundingan antara pihak manajemen perusahaan dengan perwakilan dua serikat pekerja di lingkungan Thiess yang dinamakan tim 13," kata Maxi.

Sebelum masuk pada substansi pasal per pasal PKB, sudah terjadi deadlock dalam pembahasan tata tertib perundingan pada tanggal 24 September 2011. Khususnya dalam pembahasan masalah tempat dan masa perundingan.

Halaman123
Baca Juga
Editor: Romualdus Pius
Sumber: Tribun Kaltim
Komentar Anda
© 2015 TRIBUNnews.com All Right Reserved