Tribunnews.com

Ikan Berkepala Buaya Muncul di Jatiluhur

Senin, 10 Desember 2012 20:32 WIB
Ikan Berkepala Buaya Muncul di Jatiluhur
net
Ikan aligator berkepala buaya 

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - Ikan aligator yang kepalanya mirip buaya, beberapa kali muncul di Waduk Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Di kalangan pembudidaya ikan keramba jaring apung Jatiluhur, jenis ikan ini cukup besar dan galak serta pernah menggigit manusia.

Menurut sejumlah petani di Jatiluhur, aligator ini sering mengejar gelombang yang dikeluarkan oleh mesin perahu. Satu di antaranya berhasil ditangkap karena terperangkap jaring nelayan air tawar Jatiluhur.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Purwakarta, Herry Herawan Senin (10/12/2012) mengatakan, binatang air yang cenderung karnivora atau pemakan daging. Binatang sepanjang hampir 1 meter itu kini diawetkan dan disimpan di Kantor Dinas Perikanan Purwakarta.

Munculnya ikan berwarna hitam itu menimbulkan berbagai isu di kalangan para pemancing.

Menurut Udin Cilangohar, ikan itu lepas dari keramba sebanyak lima ekor namun tertangkap oleh jaring nelayan baru dua, yakni seberat 20 kg dan 30 kg. "Malah dikabarkan ada petani yang melihat ikan itu sebesar perahu jukung nelayan, tapi itu hanya kabar angin dari mulut ke mulut," ujar Herry.

Keterangan yang diperoleh Dinas Perikanan Purwakarta, jenis ikan ini bukan ikan asli Sungai Citarum. Ikan ini sejenis latin lepisus peus yang memiliki habitat di sungai-sungai besar di Amerika Tengah dan Selatan.

Jenis ikan ini tergolong omnivora, namun cenderung karnivora dan banyak memakan ikan-ikan lain. Jenis ikan ini sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak kecil.

Perkembangbiakan aligator di Waduk Jatiluhur sangat memungkinkan karena di danau seluas 8.300 hektar ini terdapat sekitar 20.000 KJA. Ikan-ikan petani KJA sebagian besar membudidayakan ikan mas dan ikan nila serta sering lepas ke perairan. Ikan-ikan liar itu menjadi santapan aligator. Tidak menutup kemungkinan aligator mampu merobek jaring karena giginya kecil-kecil dan sangat tajam.

0 Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar
Terkini
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved