close [x]
Tribun Regional

Pemprov Kaltim Buka Lowongan CPNS

Rabu, 23 Januari 2013 00:57 WIB
Pemprov Kaltim Buka Lowongan CPNS
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Ilustrasi peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 

TRIBUNNEWS.COM,SAMARINDA--Menyusul pencabutan moratorium (penghentian sementara) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 31 Desember 2012 lalu, Pemprov Kaltim bersiap untuk kembali menerima CPNS

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim M Yadi Robyanoor, BKD Kaltim sudah bersiap untuk mengusulkan sebanyak 600 orang formasi umum CPNS tersebut.

"Perhitungan kami sebanyak 600 orang yang akan kita usulkan ke Pusat. Tapi itu kan masih sebatas usulan, berapa yang disetujui atau yang akan terima 2013 nanti, itu adalah kewenangan Pusat memutuskannya. Yang jelas, 2013 memang kita harus ada penerimaan CPNS," kata Roby, Selasa (22/1).

Menurutnya, perhitungan usulan sebanyak 600 CPNS itu, adalah berdasarkan kebutuhannya. Dengan rasio pertahun yang dibutuhkan 200 orang CPNS. Adanya moratorium penerimaan itu semenjak 2011, kemudian ditambahkan dengan formasi 200 orang di 2013, akhirnya didapatkan jumlah perkiraan kebutuhan 600 orang tersebut.

"Lantas mengapa kebutuhannya 200 orang per tahun? Nah itu perhitungan rasio beberapa orang PNS kita yang pensiun, berhenti atau pindah tugas yang kemudian ditambahkan dengan kebutuhan kita sekarang. Mudah-mudahan saja disetujui full (penuh) dari usulan 600 orang tersebut, sehingga kita pun nantinya akan semakin mudah mendistribusikannya," ujarnya.

Pertimbangan lainnya lagi, lanjutnya, adalah berdasarkan analisis jabatan, beban kerja dan proyeksi kebutuhan 5 tahun ke depan. Dari perhitungan teknisnya berdasarkan acuan tiga faktor itu, adalah dibutuhkan sebanyak 600 CPNS di lingkup Pemprov Kaltim saat ini.

"Jadi intinya tidak sembarangan juga asal mengusulkan, tapi berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang tepat dan sesuai dengan prosedurnya," terangnya.

Halaman
Editor: Rachmat Hidayat
Sumber: Tribun Kaltim
  Loading comments...
© 2015 TRIBUNnews.com All Right Reserved