Tribunnews.com

Survei ASH: Cabup Enrekang Muslimin Bando Tak Tertandingi

Sabtu, 23 Februari 2013 15:24 WIB
Survei ASH: Cabup Enrekang Muslimin Bando Tak Tertandingi
Tribun Timur/Rudhy
Lembaga survei Adhyaksa Supporting House (ASH) saat memberikan keterangan persnya di Hotel Asia, Jl Pengayoman, Kecamatan Panakukang Makassar, Sabtu (23/2/2013).

Laporan Wartawan Tribun Timur, Rudhy

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Sejumlah lembaga survei ataupun konsultan politik, sebagian besar masih tetap mengunggulkan Muslimin Bando dari sembilan calon kandidat yang disebut ingin bertarung di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Enrekang, Juni mendatang.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Adhyaksa Supporting House (ASH) menunjukkan Muslimin Bando, Ketua DPD PAN Kabupaten Enrekang berada di posisi teratas untuk urusan tingkat keterpilihan dengan presentase mencapai 46,20 persen.

"Survei ini dilakukan mulai 15 sampai 21 Februari. Dan tingkat keterpilihan Muslimin Bando sangat besar dibandingkan dengan figur lainnya," kata Direktur Eksekutif ASH, Muhammad Irfan AB, dalam keterangan persnya di Hotel Asia, Jl Pengayoman, Kecamatan Panakukang Makassar, Sabtu (23/2/2013).

Diketahui, teknik pengumpulan data dalam survei yang dilakukan ASH selama kurun waktu 7 hari atau sepekan dengan menggunakan teknik multi stage random sampling.

Sementara jumlah respondennya sebanyak 415 orang yang diambil secara acak dan merata di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Enrekang. Dan margin error sebesar ± 3.8 persen.

Irfan menjelaskan, survei yang dilakukan dengan cara wawancara tatap muka dengan responden quesioner.

"Yang jelas kalau pemilihan dilakukan hari ini, maka Muslimin Bando yang akan terpilih sebagai Bupati Enrekang dengan melihat hasil survei," tegas Irfan.

Selain fungsionaris DPD PAN Kabupaten Enrekang yang menempati posisi teratas, hasil survei tersebut juga menempatkan Roem La Tunrung yang juga Bupati Enrekang berada di posisi kedua dengan tingkat keterpilihan atau elektabilitasnya mencapai 12,70 persen, disusul Suwandi Mahendra 9,20 persen, kemudian Mustamin Amir dengan presentase 8,30 persen.

Adhyaksa Supporting House menyimpulkan, dengan sisa waktu pemilukada Enrekang yang tinggal tersisa kurang lebih 3 bulan, maka Muslimin Bando tidak tertandingi lagi dari kandidat lain.

"Muslimin Bando memiliki dukungan dan kuat yang tersebar merata di semua kecamatan. Dengan melihat nama-nama yang ada di di survey dan yang akan diusung oleh parpol atau perseorangan, maka pemilukada Enrekang yang akan datang hanya berlangsung satu putaran," kata Irfan.

Irfan yang dikenal lembaganya sudah sering kali memenangkan sejumlah konsesi politik di Sulsel, mengaku hasil survei yang dilakukannya terhadap 9 figur yang disebut-sebut maju di Pilkada Enrekang dinilainya merupakan hasil fakta yang ada di lapangan.

"Yang jelas tidak intervensi hasil survei yang kita lakukan. Dan ini murni profesional kerja kami di lapangan," ungkap Irfan.

Berikut presentase elektabilitas kandidat bakal calon bupati Enrekang berdasarkan hasil
survei versi Adhyaksa Supporting House yang dilakukan sejak 15-21 Februari 2013 lalu.

Mereka diantaranya sebagai berikut:

1. Muslimin Bando (46,20 persen)
2. Roem La Tunrung (12,70 persen)
3. Suwandi Mahendra (9,20 persen)
4. Mustamin Amir (8,30 persen)
5. Alim Bahri (7,10 persen)
6. Nurhasan (6,60 persen)
7. Ridwan Abdullah (4,40 persen)
8. TT/TJ (4,10 persen)
9. Andi Nasir (1,50 persen) (Rud)

0 Komentar

Silahkan login untuk memberikan komentar
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved