close [x]
Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Gunung Guntur Dipasangi Alat EDM

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang alat pemantau aktivitas gunung api

Gunung Guntur Dipasangi Alat EDM
Electronic Distance Measurement (EDM)

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNNEWS.COM GARUT, - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memasang alat pemantau aktivitas gunung api berupa Electronic Distance Measurement (EDM) di Gunung Guntur, Kamis (11/4/2013). Alat ini berfungsi mendeteksi aktivitas dan perkembangan fisik Gunung Guntur.

Petugas PVMBG, Oni Suganda, mengatakan seperangkat alat ini dipasang di tiga titik di Gunung Guntur dengan alat pemantau yang dipasang di Pos Pemantauan Gunung Guntur.

"Nanti kalau ada aktivitas, alat ini akan mengukur bentuk Gunung Guntur, berapa besar gunung api ini secara horizontal atau secara vertikal. Bisa juga untuk menghitung berapa besar aktivitasnya," kata Oni saat ditemui di Pos Pemantauan Gunung Guntur, Kamis (11/4)/2013.

Saat terjadi aktivitas, ujarnya, Gunung Guntur akan mengalami tekanan dari bawah ke puncak gunung. Aktivitas ini dapat diukur menggunakan EDM. Secara kasat mata, ujarnya, aktivitas gunung tidak akan terdeteksi. Namun melalui alat ini, perubahan bentuknya dapat diketahui dalam hitungan milimeter.

Alat yang dipasang di Pos Pemantauan akan menghitung pergerakan ketiga alat di Gunung Guntur sebagai target untuk menghitung pergerakan gunung. Hal ini pun bisa berkaitan dengan aktivitas kegempaan gunung terbesar di Garut tersebut.

"Hasilnya bisa diketahui setelah masa penghitungan sehari atau dua hari. Kami belum tahu pergerakannya karena baru dipasang. Dengan demikian, kami akan mendapat data yang lebih akurat mengenai aktivitas gunung ini," kata Oni.

Kamis (11/4/2013), aktivitas Gunung Guntur cenderung menurun tanpa terjadi gempa tremor. Sampai pukul 10.00, hanya terjadi sekali gempa tektonik. (sam)

Editor: Budi Prasetyo
Sumber: Tribun Jabar
Baca Juga
  Loading comments...
© 2016 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas