Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Jalan Beton di Karangkobar Banjarnegara yang Baru Diresmikan Itu Berubah Jadi Jurang Panjang

Pergerakan tanah di Desa Paweden Karangkobar bukanlah kali ini saja terjadi.

Jalan Beton di Karangkobar Banjarnegara yang Baru Diresmikan Itu Berubah Jadi Jurang Panjang
tribunjateng/khoirul muzaki
JADI JURANG - Jalan beton itu kini lenyap hanya dalam beberapa hari. Tanah berubah terjal dan tak lagi berbentuk jalan. Lebih mirip jurang, Rabu (14/2). Lokasi di Karangkobar Banjarnegara Jateng. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNNEWS.COM, BANJARNEGARA - Pergerakan tanah di Desa Paweden Karangkobar bukanlah kali ini saja terjadi.

Warga maupun pengendara yang biasa melintasi ruas Banjarnegara-Karangkobar itu pasti paham, titik yang mereka lalui selama ini rawan longsor. Karena itu, jalan ini selalu dilalui dengan hati-hati.

Titik jalan ini bahkan nyaris tidak pernah sepi dari aktivitas pekerja yang sering memperbaiki jalan itu karena sering tergerus longsor.

Pembangunan jalan beton sepanjang seratusan meter yang baru diresmikan Januari 2018 lalu di titik itu sempat melegakan pengendara.

Jalan itu dibangun dengan membuka lahan baru di sisi atas jalan lama yang ambles. Tentunya, pembangunan oleh Dinas Bina Marga Jateng itu telah melalui kajian kelaikan tanah.

Di awal tahun baru 2018 ini, jalan baru itu mulai diaktifkan untuk dilalui kendaraan. Pengendara lebih tenang saat melintasi zona merah itu karena konstruksi jalan baru lebih kokoh.

Namun belum lama jalan itu dibuka untuk umum, pergerakan tanah kembali terjadi di wilayah tersebut.

Jalan baru itu perlahan tertutup material longsor dari tebing atas jalan, mulai Jumat (8/2) lalu. Gerakan tanah semakin meluas hingga timbunan longsor di jalan kian meninggi.

JALAN BETON tanah yang semula tinggi sama dengan badan jalan ambles puluhan meter dari tahun ke tahun hingga membentuk jurang. Jalan lama sudah lenyap ikut ambles. Jalan baru masih ada dan hanya tertutup material longsor. Foto diambil Sabtu (10/2). (tribunjateng/khoirul muzaki)
JALAN BETON tanah yang semula tinggi sama dengan badan jalan ambles puluhan meter dari tahun ke tahun hingga membentuk jurang. Jalan lama sudah lenyap ikut ambles. Jalan baru masih ada dan hanya tertutup material longsor. Foto diambil Sabtu (10/2). (tribunjateng/khoirul muzaki) ()

Kini, tanah penyangga jalan ikut bergerak hingga menyebabkan badan jalan itu ambles atau tertarik longsor.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas