Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Fakultas Kedokteran UGM Berganti Nama, Ini Alasannya

Fakultas Kedokteran UGM telah resmi berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK)pada sidang pleno di FK UGM

Fakultas Kedokteran UGM Berganti Nama, Ini Alasannya
IST
Fakultas kedokteran UGM

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Fakultas Kedokteran UGM telah resmi berganti nama menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) pada sidang pleno di FK UGM pada bulan Oktober 2017 lalu.

Hal ini diperkuat dengan persetujuan hukum dari Peraturan Majelis Wali Amanat (MWA) UGM nomor 3 Tahun 2017 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan MWA nomor 4/SK/MWA/2014 tentang Organisasi dan Tata Kelola UGM pada November 2017.

Dekan FKKMK UGM,Ova Emilia, mengatakan perubahan nama tersebut dilatarbelakangi adanya perkembangan ilmu yang semakin maju.

Perubahan nama dilakukan sebagai cerminan multidisiplin dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di FKKMK.

Dengan diubahnya nama tersebut, maka dapat mewadahi semua civitas di FKKMK UGM.

Ketua Senat FKKMK, Mohammad Juffrie menambahkan proses pergantian nama ini tidaklah mudah, bahkan memakan waktu hingga 10 tahun belakangan.

Ia menjelaskan dalam prosesnya, banyak pro kontra yang terjadi di lingkup FKKMK.

"Proses berubah nama hingga 10 tahun sampai akhirnya diputuskan senat fakultas hingga suara bulat. Itu tidak gampang, karena masing-masing anggota senat juga punya pemikirian sendiri-sendiri," terangnya.

Namun demikian, dengan nama baru ini, maka mencerminkam kerjasama multi disiplin dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyrakat.

Diungkapkan Juffrie, pada awalnya FKKMK merupakan Ilmu Kedokteran dan disusul masuknya ilmu Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, dan Keperawatan sehingga pergantian nama ini untuk mengakomodasi seluruh kegiatan akademik di dalamnya

"Perubahan nama penting dalam rencana strategis yang akan dijalankan," tambahnya.

Hingga saat ini, FKKMK memiliki 32 departemen dan telah meluluskan ribuan alumni yang tersebar di berbagai wilayah nusantara dan penjuru dunia.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja dengan judul Fakultas Kedokteran UGM Resmi Berganti Nama, http://jogja.tribunnews.com/2018/03/06/fakultas-kedokteran-ugm-resmi-berganti-nama.
Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas