Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

3 Hacker Asal Surabaya Masih Jadi Buruan FBI

Polda Metro Jaya juga mengaku masih mencari tiga pelaku lain yang belum tertangkap.

3 Hacker Asal Surabaya Masih Jadi Buruan FBI
warta kota
Tiga hacker yang juga mahasiswa Surabaya yang menjebol 600 situs perusahaan dan pemerintahan di 44 negara, termasuk milik Amerika Serikat (AS), diperlihatkan saat rilis di Polda Metro Jaya Jakarta, Selasa (13/3/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Tiga hacker mahasiswa asal Surabaya yang meretas ribuan sistem elektronik di 44 negara, salah satunya Amerika Serikat (AS), sudah ditangkap FBI yang bekerja sama dengan Polda Metro Jaya.

Mereka merupakan anggota organisasi Surabaya Black Hat, sebuah organisasi kepemudaan di bidang IT berbasis di kota Surabaya.

Baca: Tadinya Mengaku Diperkosa, Bocah Ini Akhirnya Ungkap Siapa Ayah dari Anak yang Dilahirkannya

Polda Metro Jaya juga mengaku masih mencari tiga pelaku lain yang belum tertangkap.

Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya menyebutkan pihaknya terus bekerja sama dengan Internet Crime Complaint Center (IC3), dalam menyelesaikan kasus ini.

IC3 adalah badan investigasi utama dari Departemen Keadilan Amerika Serikat (DOJ), Federal Bureau of Investigation (FBI).

Argo menceritakan, proses penangkapan ketiga pelaku ini bermula dari pusat pelaporan kejahatan di New York, Amerika Serikat.

Menurut laporan, puluhan sistem berbagai negara rusak.

Setelah ditelusuri, pelakunya menggunakan IP Address yang berada di Indonesia, tepatnya Surabaya.

Pakar informatika sekaligus Dosen Teknik Informatika, Institut Teknologi 10 November Surabaya, Baskoro Adi Pratomo SKom MKom menuturkan, dalam melancarkan aksinya, hacker memang bisa dilacak melalui IP Address.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas