Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tak Tega Tinggalkan Istri di Kotabumi Lampung, Warga Thailand Ditangkap Imigrasi

Salah seorang warga negara asing (WNA) asal Thailand tertangkap Timpora Imigrasi kelas III Lotabumi Lampung Utara (Lampura).

Tak Tega Tinggalkan Istri di Kotabumi Lampung, Warga Thailand Ditangkap Imigrasi
Tribun Lampung/Anung Bayuardi
Wiran Singhtong (38) WNA asal Thailand. TRIBUN LAMPUNG/ANUNG BAYUARDI 

Laporan Wartawan Tribun Lampung, Anung Bayuardi

TRIBUNNEWS.COM, KOTABUMI - Salah seorang warga negara asing (WNA) asal Thailand tertangkap Timpora Imigrasi kelas III Lotabumi Lampur Utara (Lampura) di Desa Kota Jawa, Kecamatan Negara Batin, Kabupaten Way Kanan, Rabu (14/3/2018) sekitar pukul 12.00 WIB.

Pelaku Wiran Singhtong (38) asal Thailand telah melanggar pasal 78 ayat (3), pasal 122, undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

Wiran Singthong yang akrab disapa Arlan telah cukup lama tinggal di Indonesia.

Baca: Tinggal 10 Tahun di Hotel Berbintang Bersama Anak Asuh, Candri Ternyata Ahli Pengobatan Tradisional

Dia masuk Indonesia sejak tahun 2011 bersama istrinya Camelia Sari Warga Negara Indonesia yang dulunya merupakan tenaga kerja Indonesia di Thailand.

Menurut pengakuan Arlan, dia masuk dari Jakarta lalu menuju Kota Metro dan selanjutnya berpindah ke Tulang Bawang dan pindah serta bertempat tinggal di Desa Kota Jawa, Way Kanan.

"Saya akui saya salah, lantaran dulu saya tidak tega meninggalkan istri saya yang pada waktu itu sedang hamil. Akhirnya saya menetap di Kabupaten Way Kanan dan bekerja serabutan, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga saya," jelasnya, Sabtu (17/3/2018).

Baca: Jasad Sang Anak Akhirnya Dibawa ke Lapas Watampone Gara-gara Ayahnya Tak Diizinkan Pulang

Kepala Imigrasi kelas III Kotabumi Lampung Utara, Bactiar menjelaskan penangkapan WNA tersebut berdasarkan hasil pantauan dan informasi dari masyarakat bahwa ada warga asing yang tinggal di kampung Jawa Kabupaten Way Kanan.

"Tim pengawasan orang asing langsung bergerak. Selama dua hari kita lakukan pengintaian langsung kita amankan WNA itu," kata Bachtiar, didampingi Ariyanto Kasubsi Wasdakim, Agung Wijaya staf Wasdakim serta Suwardi Karus Umum saat menggelar konferensi pers, Jumat (16/3/2018).

WNA Thailand tersebut telah melanggar ketentuan tentang administrasi terkait izin tinggal di suatu negara.

Baca: Kasus Penembakan Mobil Pejabat Pemkot Surabaya Mulai Terkuak, Semua Berawal dari Surat Bantib

"Pelanggaran yang dilakukan WNA itu adalah melampaui izin batas tinggal di Indonesia dan selanjutnya akan dilakukan deportasi yang berkoordinasi dengan kedutaan besar Thailand," kata dia.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Lampung
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas