Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Padalarang, Ngamprah, Cisarua, Parongpong, dan Lembang Berpotensi Terdampak Sesar Lembang

Sebanyak lima kecamatan yang akan terdampak Sesar Lembang, di antaranya Padalarang, Ngamprah, Cisarua, Parongpong, dan Lembang.

Padalarang, Ngamprah, Cisarua, Parongpong, dan Lembang Berpotensi Terdampak Sesar Lembang
Google
Sesar Lembang yang membentang 29 km dari Batu Lonceng sampai Padalarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNNEWS.COM, NGAMPRAH - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat mengundang sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terkait bencana Sesar Lembang.

Peneliti LIPI, Mudrik R Daryono mengatakan kedatangan LIPI ke Pemda KBB untuk mengingatkan agar waspada terhadap sumber bencana yang ada di depan mata.

LIPI juga mengakui bahwa pemda telah melakukan prosedur pencegahan melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk melindungi diri.

"Kami ingatkan mereka bahwa Sesar Lembang ini terbentang sepanjang 29 kilometer dan berpotensi terjadi gempa sebesar 6-7 SR," katanya di kantor Pemda, Kamis (14/3/2019).

Secara hitung-hitungan, Mudrik menyebut saat ini memasuki fase siklus pelepasan energi.

Selama 560 tahun sekali biasanya terjadi kembali gempa pada Sesar Lembang.

"Nah sudah 160-170 tahun perhitungannya memasuki fase pelepasan energi. Pemda harus paham bersama dengan masyarakatnya. Kami lihat juga kawan-kawan dari BPBD sudah melakukan respon yang luar biasa," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah KBB yang juga sebagai Ketua BPBD KBB, Asep Sodikin mengatakan pemda sejak 2015 telah melakukan sosialisasi dan menginventarisasi wilayah yang terdampak.

Menurut Asep, ada sebanyak lima kecamatan yang akan terdampak Sesar Lembang, di antaranya Padalarang, Ngamprah, Cisarua, Parongpong, dan Lembang.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas