Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
Home »

Sains

Rudal Penghancur Kapal Permukaan AS.15 TT yang Mampu Ditembakkan dari Helikopter

Rudal ini dikembangkan dari basis rudal SS.12 yang merupakan rudal berpemandu generasi pertama yang dikontrol dengan sistem optik.

Rudal Penghancur Kapal Permukaan AS.15 TT yang Mampu Ditembakkan dari Helikopter
Angkasa

TRIBUNNEWS.COM - TNI AL sudah membeli 11 unit helikopter AS565MBe, membuatnya jadi negara kesekian yang mengoperasikan keluarga Dauphin lewat varian Panther untuk misi-misi maritim.

Walaupun beberapa unit Panther yang dibeli TNI AL kemudian dikonfigurasi sebagai heli anti kapal selam, sejatinya masih ada satu peran gahar lagi yang sanggup diemban oleh keluarga Panther: serang maritim.

Dengan menyimak pengalaman negara-negara yang telah lebih dulu menjadi penggunanya, Dauphin/Panther ternyata juga bisa dijadikan penjagal kapal.

Adalah Angkatan Laut Arab Saudi yang membeli 24 unit AS365F Dauphin 2 pada tahun 1980, 20 di antaranya untuk dioperasikan secara eksklusif sebagai heli serang maritim.

Mengingat ketika itu Dauphin belum memiliki senjata yang mumpuni, pemerintahnya pun kemudian mendekati pemerintah Perancis yang kala itu mesra dengan negara-negara Teluk.

Perancis pun akhirnya setuju untuk mengembangkan sistem rudal anti kapal khusus untuk mempersenjatai Dauphin.

Tugas pengembangan rudal tersebut jatuh ke Societe Nationale Industrielle Aerospatiale (SNIA) Division Engins Tactiques sebagai kontraktor utamanya.

Sementara untuk pendeteksi kapal permukaan yang dapat dipasang ke Dauphin, Thomson-CSF ditunjuk sebagai kontraktornya.

Sejumlah pabrikan lain seperti Artus SA, Forgeal, SFENA juga digandeng untuk mengeroyok proyek ini dalam waktu singkat. Hasilnya, dalam waktu 5 tahun saja rudal ini sudah siap produksi.

Rudal yang dikembangkan untuk keluarga Dauphin itu diberi kode AS.15TT (MM.15 untuk versi ekspor). TT sendiri merupakan kependekan dari Tous Temps atau segala cuaca.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Angkasa
Baca Juga
  Loading comments...
© 2016 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas