Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Luar Biasa, Profesor Muda Asal Jerman Ini Sabet Penghargaan 'Nobel Matematika'

Ini adalah penghargaan yang paling bergengsi di bidang matematika dan sering disandingkan seperti Penghargaan Nobel.

Luar Biasa, Profesor Muda Asal Jerman Ini Sabet Penghargaan 'Nobel Matematika'
DW.COM
Peter Scholze, peraih penghargaan Fields Medal di Kongres Matematika Internasional di Rio de Janeiro, Brazil. 

TRIBUNNEWS.COM, RIO - Dalam usia baru 30 tahun profesor muda ini memenangkan penghargaan tertinggi di bidang matematika. Peter Scholze memang sangat berbakat dan sudah meraih gelar profesor di usia 24 tahun.

Scholze yang merupakan profesor matematika dari Universitas Bonn, Jerman, adalah satu dari empat orang peraih penghargaan Fields Medal di Kongres Matematika Internasional di Rio de Janeiro, Brazil.

Ini adalah penghargaan yang paling bergengsi di bidang matematika dan sering disandingkan seperti Penghargaan Nobel.

Scholze sendiri adalah orang Jerman kedua yang menerima penghargaan ini. Sebelumnya ada Gerd Falting yang kini menjabat sebagai direktur di Max Planck Institute for Mathematics yang memenangkan hadiah ini tahun 1986.

Sejak 1936 penghargaan ini diberikan oleh Universitas Toronto setiap empat tahun sekali kepada empat ahli matematika dengan prestasi yang mengagumkan. Hadiah yang disediakan senilai $ 15.000 dolar Kanada (Rp 166 juta).

Baca: Asyik, Dian Sastrowardoyo Kini Jadi Pengisi Suara di Aplikasi Navigasi Waze

Karya Scholze secara fundamental telah memperluas jangkauan metode dalam geometri aritmatika, bidang matematika yang mencakup teori aritmatika dan geometri aljabar.

Dia dikenal karena temuannya mengenai "ruang perfectoid," yang merupakan struktur baru yang memungkinkan penafsiran integer sebagai entitas geometrik yang lebih baik.

Temuan ini memungkinkan ditariknya suatu kesimpulan yang tidak terduga atas sebuah pertanyaan terbuka mengenai teori bilangan yang merupakan bidang matematika yang lebih klasik.

Menanggapi pencapaiannya, Scholze mengatakan adalah "kehormatan luar biasa" untuk bisa memperoleh medali ini.

Pemerintah Jerman pun turut merayakan pencapaian Scholze ini. Menteri Pendidikan Anja Karliczek memuji talenta mudanya dan mengatakan kalau orang-orang seperti Scholze dapat memikat "peneliti berbakat dari seluruh dunia" untuk datang ke Jerman.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...
berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas