Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki Bisa Terkena Infeksi? Berikut Penjelasan Ahli

eorang bocah 4 tahun asal Inggris dilaporkan mengalami infeksi sepsis setelah mencoba sepatu di sebuah toko tanpa mengenakan kaus kaki.

Pakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki Bisa Terkena Infeksi? Berikut Penjelasan Ahli
NY Daily News/Getty Images/Southern Stock
Ilustrasi kaus kaki 

TRIBUNNEWS.COM - Seorang bocah 4 tahun asal Inggris dilaporkan mengalami infeksi sepsis setelah mencoba sepatu di sebuah toko tanpa mengenakan kaus kaki.

Infeksi sepsis merupakan komplikasi yang jarang terjadi namun berpotensi mengancam nyawa.

Menurut pemberitaan The Sun, Rabu (29/8/2018), bocah bernama Sienna Rasul asal South Wales itu mengeluhkan sakit pada kakinya sehari setelah mencoba sepatu.

Baca: Usai Bebas dari Penjara, Ahok Dikabarkan Akan Menikah Lagi, Ini Sosok Istrinya

Ia pun didiagnosis terkena infeksi sepsis. Untuk menyembuhkan sakitnya, bocah ini diopname selama lima hari dan diberi antibiotik intravena.

Namun, bisakah seseorang terkena infeksi sepsis karena mencoba sepatu baru tanpa alas kaki?

Menurut Dr Amesh Adalja, ahli di Pusat Kesehatan Universitas Johns Hopkins yang tidak terlibat dalam pemeriksaan kasus ini, apa yang dialami Sienna adalah kasus yang sangat langka.

Ia menyarankan, agar semua masyarakat tak perlu khawatir akan terkena infeksi sepsis hanya karena mencoba sepatu tanpa kaus kaki.

"Untuk sebagian besar orang, mencoba sepatu baru tanpa alas kaki tidak akan menyebabkan sepsis," ujar Adalja kepada Live Science, dilansir Selasa (4/9/2018).

Dalam laporan The Sun, sumber pasti infeksi Sienna tidak diketahui. Dokter yang merawat bocah itu hanya memberi tahu ibunya bahwa anaknya mungkin terjangkit infeksi bakteri dari sepatu atau sebelumnya ada luka di kaki yang memungkinkan bakteri berkembang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bisakah Kita Terkena Infeksi Bila Mencoba Sepatu Tanpa Kaus Kaki?", 
Penulis : Gloria Setyvani Putri

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas