Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Sukses Terapkan Hemat Energi di Gedung Perkantoran, BPPT DIganjar 2 Penghargaan Subroto

Berbagai langkah efisiensi dalam penggunaan energi listrik di lembaga ini, berhasil menurunkan tagihan biaya listrik hingga 21 persen

Sukses Terapkan Hemat Energi di Gedung Perkantoran, BPPT DIganjar 2 Penghargaan Subroto
HANDOUT
Kepala Biro Umum BPPT Ir. R. Guntur Haryanto, MM (kanan) dan Sekretaris Utama BPPT Wimpie A. Noegroho di acara Anugerah Penghargan Subroto yang diselenggarakan Kementerian ESDM, Jumat (28/9/2018). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Efisiensi dalam penggunaan energi kini menjadi gaya hidup di berbagai kota besar, termasuk di lingkungan perkantoran swasta dan pemerintahan.

Salah satunya seperti yang diterapkan di lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Lembaga ini berhasil melakukan penggunakan tenaga listrik melalui penggunaan lampu LED sejak 2014 dan penerapan teknologi sensor gerakan untuk menyalakan dan mematikan listrik di lingkungan perkantoran BPPT di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Berbagai langkah efisiensi dalam penggunaan energi listrik di lembaga ini, berhasil menurunkan tagihan biaya listrik hingga 21 persen.

"Biasanya per tahun kita membayar sekitar Rp 2 miliiar, kini jadi sekitar Rp 1,2 miliar,"  Sekretaris Utama BPPT Wimpie A. Noegroho.

"Kita memaksimalkan efisiensi dengan ganti LED, dan monitoring efisiensi energi serta penerapan ISO 5001. Kita juga memasang sensor, lampu akan menyala jika ada gerakan. Begitu juga penggunaan kran air. Misalnya di toilet, kita gunakan sensor gerakan untuk keran air agar tak semua air terbuang percuma," ungkap Wimpie A. Noegroho.

Gaya hidup ramah hemat air dan ramah lingkungan juga diterapkan dengan menampung air hujan. Air hujan hasil tampungan digunakan untuk penghijauan seperti menyiram tanaman dan taman di lingkungan kantor BPPT.

"Limbah untuk IPAL juga kita olah, kita gunakan untuk berbagai keperluan seperti mencuci mobil operasional, kegiatan kebersihan sekitar gedung dan sebagainya.

Atas semua pencapaian ini, BPPT diganjar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan dua penghargaan sekaligus. Yakni, Penghargaan Subroto untuk Kategori C Penghematan Energi di Gedung Pemerintahan dan Penghargaan Subroto Kategori B Manajemen Energi pada Gedung Besar.

"Kita sudah 3 kali juara, tahun kemarin kita juara tiga. sekarang kita berhasil juara 1 dan BPPT merupakan yang pertama di Indonesia menggunaan ISO 5001," ungkap Kepala Biro Umum BPPT Ir. R. Guntur Haryanto, MM. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas