Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Penjelasan PVMBG Terkait Gunung Soputan dan Gamalama yang Meletus Setelah Gempa Palu

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kasbani mengatakan tidak ada hubungan antara aktivitas gunung api dengan gempa di Palu.

Penjelasan PVMBG Terkait Gunung Soputan dan Gamalama yang Meletus Setelah Gempa Palu
bmkg.go.id
Gunung Soputan di Minahasa Tenggara masih mengeluarkan asap kawah bercampur debu vulkanik tipis mengarah ke Barat Daya pada Kamis (4/10/2018) sekitar pukul 07.45 Wita. 

TRIBUNNEWS.COM - Beberapa gunung api di Indonesia kembali menunjukkan aktivitas vulkaniknya.

Mulai Gunung Soputan di Sulawesi Utara, Gunung Anak Krakatau, dan terbaru Gunung Gamalama di Maluku Utara yang meletus pada Kamis (4/10/2018).

Kembali aktifnya gunung berapi ini terjadi setelah gempa dan tsunami melanda Sulawesi Tengah.

Dari fenomena tersebut, mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya apakah ada hubungannya fenomena di Palu dengan geliat gunung api di Indonesia?

Apakah letusan gunung api satu akan memicu letusan lainnya?

Menjawab pertanyaan itu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani mengatakan tidak ada hubungan antara aktivitas gunung api dengan gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

"Enggak ada. Gempa bumi terjadi di Donggala-Sulawesi Tengah, sementara aktivitas gunung api ada di tempat lain yang jauh."

"Gunung Colo yang ada di Pulau Una-una (Sulawesi Tengah) itu yang paling dekat (dengan Palu) saja tidak terpengaruh kok," kata Kasbani dihubungi Kompas.com, Kamis (10/4/2018).

Kasbani berkata, Gunung Soputan yang erupsi sejak Rabu (3/10/2018) dan masih terus berlangsung sampai Kamis (4/10/2018) sebenarnya sudah menunjukkan aktivitas sejak Juli 2018.

Ini berarti aktivitas terjadi jauh sebelum gempa Palu dan Lombok.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: sri juliati
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas