TribunJualbeli
Desktop Version

Thwaites, Gletser yang Ukurannya Sebesar Florida Itu Kondisinya Mengkhawatirkan

Thwaites, Gletser yang Ukurannya Sebesar Florida Itu Kondisinya Mengkhawatirkan
net
ILUSTRASI GLETSER - Bongkahan es dengan ukuran dua kali kota Manhattan lepas dari Gletser Petermann di Greenland utara.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, ANTARTIKA - Gletser Thwaites, yang memiliki ukuran seluas Florida, saat ini bertanggung jawab atas sekira 4 persen kenaikan permukaan laut secara global.

Jika mencair, gletser satu ini memiliki cukup es untuk meningkatkan volume air lebih dari 65 cm di seluruh samudera.

Baca: Polar vortex: Apakah suhu dingin ekstrem AS disebabkan pemanasan global?

Dikutip dari laman Sputnik News, Sabtu (2/2/2019), Ilmuwan NASA telah menemukan rongga besar di dasar Gletser Thwaites yang terpencil di kawasan Antartika.

Ukurannya sekitar dua pertiga ukuran Manhattan.

Para Ilmuwan juga menggambarkan rongga tersebut sebagai tanda perubahan iklim yang sangat mengkhawatirkan.

Seperti yang tertulis dalam laporan penelitian mereka yang diterbitkan oleh jurnal Science Advances.

Penulis utama studi tersebut Pietro Milillo dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA menunjukkan bahwa ukuran rongga di bawah gletser memiliki peran penting dalam proses pencairan es.

Selain itu rongga besar muncul tersebut karena semakin meningkatnya pemanasan global sehingga gletser mencair lebih cepat.

Menurut JPL, penemuan ini menggarisbasbawahi perlunya pengamatan terperinci dari sisi bahwa gletser Antartika untuk menghitung secara global seberapa cepat naiknya permukaan laut, sebagai respons terhadap perubahan iklim.

Eric Rignot, salah satu penulis penelitian tersebut mengatakan, "Memahami rincian tentang bagaimana lautan bisa mencairkan gletser ini sangat penting untuk memproyeksikan dampaknya pada kenaikan permukaan laut dalam beberapa dekade mendatang."

Baca: 7 Destinasi Wisata Ini Diperkirakan Akan Hilang Akibat Pemanasan Global, Satu Ada di Indonesia

Studi ini secara khusus mencatat bahwa Gletser Thwaites memiliki cukup es untuk bisa menaikkan permukaan laut dunia.

Kenaikan tersebut diperkirakan sekitar lebih dari dua kaki atau sekira 65 cm.

Add Friend