Tribunners
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Blog Tribunners

6 Pantangan Makanan Penderita Pilek

Pilek seringkali sering disamakan dengan penyakit flu yang dikarenakan memiliki gejala-gejala yang hampir sama.

6 Pantangan Makanan Penderita Pilek
rd.com
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Penyakit umum yang sering terjadi dan menyebabkan penularan pada orang lain yakni pilek.

Pilek seringkali sering disamakan dengan penyakit flu yang dikarenakan memiliki gejala-gejala yang hampir sama.

Dibandingkan dengan pilek, flu lebih berbahaya dan dapat memicu kondisi yang lebih parah dan bahkan mengakibatkan kematian akibat komplikasi.

Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini rawan sekali untuk terserang berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit pilek ini. Penyakit pilek tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari saja, tetapi juga cepat sekali menular terhadap orang-orang di sekitar anda.

Biasanya penyakit pilek ditandai dengan hidung tersumbat dan disertai batuk yang berlangsung selama 10 hari. Namun, ada juga yang mencapai 3 minggu sampai akhirnya mereda.

Mulai dari sekarang harus banyak istirahat serta minum vitamin atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh akan banyak membantu. Selain itu, pola makan juga harus tetap dijaga, agar tidak memperburuk kondisi dari pilek. Berikut ini adalah beberapa Pantangan Makanan Penderita Pilek, diantaranya :

1 Makanan Yang Berlemak
Makanan yang mengandung lemak seperti makanan cepat saji dan dagin dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk mengusir penyebab pilek, sehingga penyakit pilek yang anda derita tidak kunjung sembuh. Disarankan untuk lebih memilih sayuran dan protein nabati untuk menggantikan daging.

2 Makanan Dingin
Ketika pada saat mengalami penyakit pilek, sebaiknya menghindari makan-makanan yang dingin. Biasanya, penyakit pilek yang juga disertai batuk akan lebih parah kondisinya jika mengkonsumsi makanan yang dingin. Hal ini diakibatkan lapisan saluran pernapasan sehingga menghasilkan lendir lebih yang menghalangi masuknya oksigen ke paru-paru.

3 Makanan Pedas
Kondisi dari penyakit pilek apabila mengkonsumsi makanan yang pedas akan dapat memperparah rasa sakit di tenggorokan. Maka dari itu, disarankan untuk menghentikan dahulu mengkonsumsi makanan pedasnya hingga penyakit pilek dapat sembuh. Makanan yang harus dihindari antara lain lada, paprika, cabai, dan juga pala. Selain itu, makanan yang asam seperti lemon dan jeruk juga dapat memberikan efek yang sama pada tubuh.

4 Susu
Minuman yang tidak dianjurkan ketika terserang penyakit pilek adalah susu. Walaupun susu dianggap dapat menyehatkan ketika pada kondisi tubuh anda saat normal, akan tetapi susu justru bisa menambah dahak pada saat pilek sehingga tenggorokan menjadi sedikit lebih gatal.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Alit Kurniawan
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas