Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
Home »

Techno

»

News

Keseringan Gunakan Toilet di Pesawat Bikin Harga Tiket Mahal

Ketika membeli tiket pesawat, pernahkah kita semua berpikir mengapa harganya seperti itu?

Keseringan Gunakan Toilet di Pesawat Bikin Harga Tiket Mahal
SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR
Pesawat Garuda Indonesia menggunakan logo lama saat take off di Bandara Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh, Senin (28/4/2014). Logo lama yang pernah digunakan tahun 1961-1969 tersebut, saat ini dipasang di pesawat untuk memperingati sejarah Garuda Indonesia sebagai pelopor dalam bisnis penerbangan di tanah air. (SERAMBI INDONESIA/M ANSHAR) 

TRIBUNNEWS.COM - Ketika membeli tiket pesawat, pernahkah kita semua berpikir mengapa harganya seperti itu?

Bukan soal bahwa maskapai itu adalah maskapai “mahal” atau “murah”, tapi ada perhitungannya sendiri.

Selama ini kita hanya tahu bahwa hanya maskapai penerbanganlah yang menetapkan tarif dan biaya untuk perjalanan udara. Padahal keputusan itu juga dibuat oleh penumpangnya.

Dilansir dari nationalgeographic.com, insinyur aeronautika MIT, Luke Jensen dan Brian Yutko, yang menggunakan serangkaian maskapai penerbangan di AS dan Eropa mencoba menganalisa harga tiga maskapai besar - United Airlines, American Airlines, dan Ryanair - pada hari biasa.

Pertama, setiap barang yang dibawa membuat pesawat pesawat lebih berat karena membakar lebih banyak bahan bakar. Biaya operasional pesawat naik jika penumpang membawa barang banyak.

Contoh satu buah laptop (33 sen per penerbangan), bantal (6 sen), dan majalah (5 sen).

Kedua, harga tiket pesawat juga tergantung ke mana pesawat akan pergi. Dalam satu hari sebuah pesawat Boeing 737 bisa pergi sejauh 4.300 mil. Semakin jauh pesawat pergi, maka volume bahan bakar lebih banyak dihabiskan.

Contoh lain, pesawat yang pergi dari New Jersey ke Texas menghabiskan volume bahan bakar 2.800 galon. Sementara dari San Franciso ke New York City menghabiskan 4.400 galon.

Hal selanjutnya yang membuat tiket pesawat menjadi mahal adalah desain baru pesawat yang digunakan (beda harga antara pesawat Boeing dan Airbus), perubahan operasional (termasuk service maskapai), dan arsitektur bandara (bandara internasional- bandara nasional atau bandara baru-bandara lama).

Lalu bagaimana agar harga tiket murah?

Menurut Jensen, cara paling pasti untuk meminimalkan biaya menerbangakan pesawat terbang adalah membatasi jumlah barang-barang seperti tas dan koper yang bisa dibawa.

Atau tidak menggunakan toilet pesawat terlalu sering. Sebab penggunaan toilet menggunakan bahan bakar lebih.

“Mulailah dengan mengosongkan kantung kemih Anda sebelum naik pesawat,” tambah Yutko sambil tertawa.

  Loading comments...
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas