Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version
Home »

Techno

»

News

Mengenal Chatbot dan Manfaatnya Kini Bagi Perkembangan Bisnis Indonesia

Pernah mendengar istilah chatbot? Nah kalau belum, pernahkah kamu berkomunikasi dengan akun official di aplikasi LINE dan mereka membalas?

Mengenal Chatbot dan Manfaatnya Kini Bagi Perkembangan Bisnis Indonesia

TRIBUNNEWS.COM – Pernah mendengar istilah chatbot? Nah kalau belum, pernahkah kamu berkomunikasi dengan akun official di aplikasi LINE dan mereka membalas? itulah teknologi bernama chatbot.

Singkatnya chatbot adalah program komputer untuk mensimulasi percakapan yang didukung oleh aturan dan kecerdasan buatan (artificial intelligent). Chatbot bekerja dalam memberikan respon spesifik sesuai aturan dan tingkat kecanggihan yang diberikan dalam programnya.

Pada awalnya di Tiongkok, pemanfaatan chatbot telah dimulai sejak tahun 2013 yang difungsikan sebagai medium automasi pesan. Seiring waktu, chatbot kemudian difungsikan oleh pelaku bisnis dalam menjangkau konsumen di lingkup yang lebih personal.

Sejak tahun 2017 ini, teknologi chatbot sendiri kembali marak dibicarakan di dunia teknologi dan startup digital hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Bahkan beberapa pelaku teknologi digital berbondong-bondong membenamkan chatbot ke dalam platform mereka. Satu di antaranya adalah LINE.

Melalui LINE, para pelaku bisnis bisa memanfaatkan teknologi chatbot untuk melakukan pelayanan kepada konsumen, melakukan poling, memberikan diskon atau potongan harga, serta memberikan pilihan produk terbaik sesuai dengan pilihan mereka.

Perkembangan chatbot ini tak hanya menguntungkan dari sisi pengguna, para developer di Indonesia juga terdorong untuk semakin berkembang sehingga bisa memberikan inovasi dan ide yang menarik dalam teknologi chatbot. Misalnya saja seperti yang dilakukan layanan Hi Yuri!

Chatbot Hi Yuri! bisa memberikan rekomendasi kemiripan wajah kamu dengan artis tertentu. Hebatnya lagi, chatbot ini bisa mendeteksi kemiripan kamu dengan beberapa artis berbeda. Coba berfoto dengan sudut berbeda, maka kamu bisa disamakan dengan artis yang berbeda, bahkan artis yang berbeda kelamin.

"Chatbot ini memang buat lucu-lucuan aja," ungkap Januar Tanzil dari IPlayAllDay Studio, perusahaan yang membuat Hi Yuri!.

Selain permainan untuk mengetes kemiripan wajah dengan artis, Hi Yuri! juga menyediakan pengetesan kecocokan dengan pasangan yang dilihat dari kemiripan wajah.

"Ada yang bilang kan kalau pasangan semakin mirip wajahnya, semakin cocok," terang Yanuar.

Selain tes kemiripan wajah, Hi Yuri! juga menyediakan tes kepribadian, kuis hangman, dan lainnya.

"Jadi, dari satu aplikasi kita bisa mendapat banyak hal tanpa harus buka web, tanpa harus instal aplikasi," papar Yanuar.

Namun sayang dalam penerapannya terdapat beberapa kendala yang kerap kali dialami oleh para develepor. Menurut Global Engineer LINE Indonesia, Matthew R Tanudjaja kendala itu seperti:

• Para developer memiliki bakat, namun tidak mempunyai ide untuk menciptakan apa dengan kemampuan yang mereka punya.

• Mereka memiliki ide, tetapi tidak tahu bagaimana langkah untuk memulai karena kurangnya channel yang memadai.

• Developer yang telah memiliki kedua hal tersebut namun terkendala dari segi eksposur, sehingga karyanya kurang terdengar.

Ketiga masalah inilah yang kemudian coba dipecahkan oleh LINE melalui LINE Creativate 2017 pada perlombaan LINE chatbot.

Lewat kompetisi ini diharapkan chatbot dapat menyelesaikan permasalahan dalam lingkup nasional sekaligus mempromosikan budaya-budaya lokal kepada masyarakat Indonesia.

Para peserta yang mengikuti kompetisi ini diharuskan membuat bot-bot bertema ‘Indonesia Banget’ pada sub kategori Utilitas: Penjawab Keresahan dan Game: Budayaku Luar Biasa.

Nantinya pada sub kategori Utilitas, juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar 30 juta rupiah, juara kedua 20 juta rupiah, dan juara ketiga 10 juta rupiah.

Sedangkan pada sub kategori Game para pemenang mendapatkan nilai hadiah yang sama pada kategori Utilitas.

Menurut PR Director Line Indonesia Dhyoti R Basuki, kehadiran kompetisi ini akan membuat LINE bisa menghadirkan banyak layanan chatbot dan menjadi keunggulan mereka dibanding aplikasi chat lain. Solusi chatbot yang muncul dari kompetisi ini nantinya juga akan dimanfaatkan oleh para pelaku usaha yang bekerjasama dengan LINE.

Informasi lebih lanjut mengenai seluruh kompetisi LINE Creativate 2017 bisa mengunjungi situs www.linecreativate.com.

  Loading comments...
berita POPULER
© 2017 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas