Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Cloud Computing Membantu Perkembangan Budaya Inovasi di Seluruh Skala Bisnis kata EduardusTandelilin

Perkembangan teknologi digital yang makin pesat di dunia tentunya tak boleh diabaikan oleh Indonesia. Bekal itu pun disokong dengan kekuatan

Cloud Computing Membantu Perkembangan Budaya Inovasi di Seluruh Skala Bisnis kata EduardusTandelilin
ist

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perkembangan teknologi digital yang makin pesat di dunia tentunya tak boleh diabaikan oleh Indonesia.

Sebagai salah satu negara berpenduduk terpadat di dunia, menjadi sangat wajar kalau Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia tampil sebagai pelaku ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Bekal itu pun disokong dengan kekuatan 132,7 juta pengguna internet serta 92 juta pengguna gadget aktif di Tanah Air.

Potensi itulah yang kemudian direspons oleh Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Gadjah Mada, dengan menggelar seminar Cloud Computing: "DENGAN CLOUD COMPUTING MENUJU 2020, INDONESIA SEBAGAI DIGITAL POWER HOUSE di ASIA."

Seminar yang diselenggarakan di Hotel Westin Jalan Rasuna Said Kuningan West Ballroom, Rabu (16/5/2018), ini menghadirkan sejumlah pembicara dengan latar belakang kepakarannya di bidang ekonomi digital serta dua keynote speker, yakni Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Rudiantara, dan Prof. Sri Adiningsih dari Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Direktur Program Magister Manajemen FEB UGM, Prof. EduardusTandelilin, berharap adanya seminar ini akan mampu mengedukasi publik terkait dengan keberadaan teknologicloud computing sebagai infrastruktur pendukung bisnis di masa depan.

Menurut guru besar ilmu ekonomi UGM ini, komponen kunci untuk meningkatkan perkembangan ekonomi digital di masa depan adalah mengadopsi penggunaan teknologi digital seperti cloud computing yang di dalamnya menggunakan penyimpanan data terukur, komputasi dan pemrosesan melalui Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), Internet of Things (IoT) serta sejumlah sarana penunjang lainnya.

"Cloud computing ini sangat membantu perkembangan budaya inovasi di seluruh skala bisnis sekaligus memberikan akses untuk berinovasi dengan teknolog termurah dan  tercepat. Inilah yang ingin kami yakinkan di level kebijakannya. Semoga melalui seminar ini, pertanyaan-pertanyaan sepertipe menuhan keamanan serta kepemilikan data dengan penggunaan teknologi cloud computing ini bisa terjawab," katanya dalam pembukaan seminar di Jakarta.

Pihak penyelenggara berharap hadirnya seminar ini mampu mendorong pihak pemerintah untuk mendukung setiap kebijakan keamanan dan dapat diandalkan atas pemakaian infrastruktur digital yang digunakan oleh sektor publik dan swasta. Lalu untuk pelaku usaha lokal skala besar, menengah dan kecil, diharapkan pula akan terbukanya akses dan menggunakan infra struktur digital yang tersedia.

Dalam seminar ini pihak penyelenggara akan melibatkan para pelaku industri ekonomi digital seperti UMKM berbasis digital, provider cloud computing, profesional di bidang IT serta perwakilan dari dunia pendidikan tinggi.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2018 TRIBUNnews.com All Right Reserved
Atas