Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Aplikasi Tik Tok Dipakai Pengadilan di China Permalukan Pengemplang Utang

Pengadilan Rakyat di Longting, China, menggunakan aplikasi tersebut untuk mempermalukan orang-orang yang menunggak utang.

Aplikasi Tik Tok Dipakai Pengadilan di China Permalukan Pengemplang Utang
South China Morning Post
Salah satu perempuan penunggak utang yang wajahnya diungkapkan melalui aplikasi Tik Tok. Pengadilan di China memutuskan menggunakan aplikasi itu untuk mempermalukan orang yang tidak membayar pinjaman di bank. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aplikasi Tik Tok yang saat ini tengah viral tidak saja digunakan sebagai sarana hiburan saja.

Pengadilan Rakyat di Longting, China, menggunakan aplikasi tersebut untuk mempermalukan orang-orang yang menunggak utang.

Dikutip dari SCMP Kamis (26/7/2018), pengadilan mengunggah video berisi delapan penunggak utang dengan musik dramatis pada pekan lalu.

Media lokal HNR.CN melaporkan, dalam video itu terdapat wajah para pengutang beserta data diri, dan nominal utang.

"Melalui cara ini, kami meminta dukungan masyarakat untuk menekan para pengutang itu agar membayar," kata juru bicara pengadilan.

Juru bicara itu melanjutkan, mereka terinspirasi dari Pengadilan Nanning yang membuka identitas penunggak utang beserta hadiah bagi yang menemukan mereka.

Baca: Kerahkan 1.700 Personil Gabungan, Kapolri Tito Bakal Sambut Api Obor Asian Games di Palembang

Pengadilan Longting bukan satu-satunya lembaga peradilan yang menggunakan media massa untuk memperlakukan para penunggak.

Pada Mei lalu, pengadilan di Hejiang, Provinsi Sichuan, memutuskan untuk menayangkan wajah para penunggak utang di bioskop.

Kemudian pengadilan di Anhui mengiklankan wajah orang yang berutang pada sebuah baliho, dan menayangkan di televisi 11 jam setiap hari.

Sejak Oktober 2017, otoritas penegak hukum memutuskan untuk mengungkapkan para penunggak utang yang tak membayar pinjaman di bank.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengadilan di China Gunakan Tik Tok untuk Permalukan Penunggak Utang", .

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas