Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Suka Dengarkan Spotify? Siap-siap Data Kamu Diam-diam Dikirim ke Facebook

Privacy International berhasil menemukan temuan bahwa beberapa aplikasiAndroid diam-diam kedapatan mengirimkan data dari penggunanya kepada Facebook.

Suka Dengarkan Spotify? Siap-siap Data Kamu Diam-diam Dikirim ke Facebook
SlashGear
Cara mendengarkan lagu di Spotify melalui browser 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah firma riset yang berbasis di UK, Privacy International berhasil menemukan temuan bahwa beberapa aplikasiAndroid diam-diam kedapatan mengirimkan data dari penggunanya kepada Facebook.

Temuan ini diungkap Privacy International setelah pihaknya melakukan penelitian terhadap 34 aplikasi populer yang mendapat jumlah instalasi sebanyak 10 hingga 500 juta kali sepanjang bulan Agustus hingga Desember 2018.

Secara mengejutkan, dari ke-34 aplikasi yang diteliti oleh Privacy International, 23 di antaranya ternyata diam-diam mengirim datapenggunanya ke Facebook secara otomatis melalui Software Development Kit (SDK) saat diaktifkan.

Sebagai contoh, informasi yang diambil sendiri seperti aplikasi apa saja yang dipakai di smartphone Android para penggunanya, termasuk dengan pola penggunaannya.

Bahkan beberapa aplikasi seperti 'Kayak' bisa mengirim data yang lebih rinci dengan meneruskan keterangan pencarian penerbangan, lokasi keberangkatan dan tujuan, jumlah tiket, hingga anggota keluarga yang pergi bersama.

Baca: Lirik dan Arti Lagu Fake Love dari BTS yang Berhasil Geser Gangnam Style Milik PSY di Spotify

Data-data tersebut lantas dikirim ke Facebook bersama Google Advertising ID (AAID), sebuah unique identifier yang berperan membangun profil pengguna untuk targeting iklan, berdasarkan kebiasaan pemakaian aplikasidan web browsing.

"Apabila digabungkan, data dari berbagai aplikasi tersebut dapat menggambarkan kepribadian orang termasuk aktifitasnya, hobinya, kebiasaannya, agamanya, bahkan kesehatannya," sebut Privacy International dalam laporannya.

Berikut daftar lengkap 34 aplikasi Android yang diteliti oleh Privacy International:

Dropbox
Spotify
Kayak
BMI Calculator
Super-Bright LED Flashlight
Candy Crush Saga
WeChat
Period Tracker Clue
My Talking Tom
Indeed Job Search
VK
Muslim Pro
Skater Boy
Duolingo
Period Tracker
Salatuk
TripAdvisor
Skyscanner
MyFitnessPal
Family Locator GPS Tracker
Shazam
Yelp
Instant Heart Rate
Phone Tracker By Number
HP ePrint
Opera
King James Bible
Clean Master
Qibla Connect
Security Master
Turbo Cleaner
Speedtest by Ookla
The Weather Channel
YouVersion Bible
 

Menanggapi hal tersebut, pihak Facebook sendiri mengaku bahwa transmisi data dari berbagai aplikasi ke Facebook merupakan hal yang lumrah terjadi lantaran menguntungkan kedua sisi. 

"Informasi ini penting untuk membantu pengembang memahami cara meningkatkan aplikasi mereka dan untuk membantu pengguna menerima iklan yang relevan," terang Facebook seperti yang dilansir dari The Independent.

Selain itu, Facebook juga menambahkan keamanan privasi terkait praktik berbagi data antar aplikasi melalui SDK-nya telah disematkan dalam kebijakan privasi pengguna yang ada di bagian Data Policy dan Cookies Policy.

Menurut kalian gimana sob, apakah data yang diam-diam dikirimkan ke Facebook itu bisa merugikan pengguna?

Berita ini sudah tayang di hai-online berjudul Diam-Diam, Puluhan Aplikasi Android Ini Kirim Data Pengguna ke Facebook. Salah Satunya Spotify

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Hai-online.com
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas