Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Solusi Bisnis untuk Akselerasi UMKM dalam Pasar yang Berkembang

Tokoin membantu para UMKM dalam membuat credit scoring dalam bentuk agar mereka dapat membentuk reputasi bisnis

Solusi Bisnis untuk Akselerasi UMKM dalam Pasar yang Berkembang
istimewa
Diskusi publik dengan tema ‚ÄúSolusi Bisnis untuk Akselerasi UMKM dalam Pasar Berkembang. Dengan menghadirkan para pakar di bidang bisnis dan teknologi, diskusi ini akan mengeksplorasi aspek-aspek dalam teknologi Blockchain dan penerapannya dalam proses bisnis UMKM. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Permasalahan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai tanggung jawab bersama yang perlu solusi jangka panjang.

Untuk percepatan akselerasi dan mengembangkan usaha, UMKM memang membutuhkan
pendanaan, namun solusi jangka panjang yang berkelanjutan dapat dicapai dengan
membentuk reputasi bisnis yang kredibel.

“Kami melihat bahwa inklusi ekonomi saat ini belum tercipta di Indonesia," kata Reiner Rahardja, CEO Tokoin dalam diskusi publik dengan tema Solusi Bisnis untuk Akselerasi
UMKM dalam Pasar Berkembang di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Reiner menambahkan, berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dan swasta untuk memotivasi produktivitas dan pertumbuhan UMKM, namun terdapat beberapa hambatan yang sulit diatasi oleh perintis dan pelaku bisnis UMKM.

Salah satunya adalah data informasi latar belakang pelaku usaha yang kurang memenuhi standar reputasi yang diakui pemerintah dan institusi keuangan formal, sehingga UMKM sulit memperoleh bantuan usaha, contohnya kredit usaha.

"Ini yang mendorong kami membuat Tokoin. Berbeda dengan  platform Fin-Tech Lending, kami membantu para UMKM dalam membuat credit scoring dalam bentuk agar mereka dapat membentuk reputasi bisnis," katanya.

Tokoin berusaha untuk menjadi penghubung para UMKM untuk mendapatkan akses kepada instansi yang dapat mengembangkan bisnisnya seperti Bank, Asuransi, dan lain-lain.

Baca: Jokowi Cicipi Pecel Madiun UMKM saat Beristirahat di Rest Area KM 597 B Tol Ngawi - Kertosono

CEO Ralali.com, Joseph Aditya mengungkap, kesamaan target market antara Tokoin dan Ralali.com, memberikan keyakinan dirinya akan kekuatan model bisnis Tokoin.

Ini melatarbelakangi Joseph  bersedia menjadi salah satu advisor dalam project TOKOIN, akan mendukung dan tertarik untuk membawa Ralali.com sebagai Business partner pertama Tokoin.

“Selama ini, UMKM belum memiliki pencatatan data transaksi yang real-time. Sehingga, reputasi mereka juga belum terbangun. Akibatnya, akses mereka ke instansi finansial seperti pinjaman bank dan asuransi menjadi sangat sulit," katanya.

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas