Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kominfo Anjurkan Operator Matikan Layanan Internet di Bali saat Nyepi

Sama seperti tahun lalu, Hari Raya Nyepi di Bali akan kembali berlangsung tanpa adanya jaringan internet.

Kominfo Anjurkan Operator Matikan Layanan Internet di Bali saat Nyepi
TRIBUN_BALI/RIZAL_FANANY
Pecalang beroperasi saat Hari Raya Nyepi Tahun Caka 1939 di kawasan Pantai Kuta, Selasa (28/3/2017). Desa Adat kuta menurunkan 40 personil untk mengamankan wilayah desa adat kuta. Selama sehari penuh masyarakat Bali diwajibkan melaksanakan Catur Brata yakni amati Geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati Lelungan (tidak bepergian), amati lelanguan (tidak bersenang-senang). (TRIBUN_BALI/RIZAL_FANANY) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sama seperti tahun lalu, Hari Raya Nyepi di Bali akan kembali berlangsung tanpa adanya jaringan internet.

Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) mengimbau agar para operator di Bali mematikan layanan internet selama perayaan Nyepi yang akan berlangsung pada Kamis (7/3/2019) mendatang.

Imbauan tersebut diambil sebagai tindak lanjut atas Seruan Bersama Majelis-majelas Agama dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2019.

Kominfo meminta agar jaringan internet di sana dinonaktifkan selama 24 jam terhitung tanggal 7 Maret 2019 mulai pukul 06.00 hingga 8 Maret 2019 pukul 06.00.

"Agar seluruh Penyelenggara Telekomunikasi yang menyediakan layanan akses internet di Provinsi Bali untuk melakukan langkah-langkah dalam mendukung seruan bersama dimaksud pad Hari Raya Nyepi," tulis Kominfo dalam pernyataan resminya.

Baca: 4 Tempat Terbaik Menikmati Langit Berbintang saat Hari Raya Nyepi di Bali

Kendati demikian, Kominfo meminta agar para operator tetap menjaga kualitas akses internet di objek-objek vital dan layanan umum yang sifatnya harus tetap berlangsung.

Kominfo juga mengimbau kepada masyarakat dan penyelenggara jasa internet untuk melakukan langkah tersebut guna menangkal konten negatif.

"Agar masyarakat dan penyelenggara jasa telekomunkias melakukan langkah-langkah untuk menhindari dan/atau menangkal hoaks dan konten negatif," lanjut Kominfo.

Kebijakan sejatinya bukan yang pertama kali dilakukan Kominfo dalam menyambut Hari Raya Nyepi.

Tahun lalu, Kominfo juga memberlakukan edaran serupa guna menambah kekhusukan umat Hindu di Bali yang tengah melakukan ibadah.

Sama seperti imbauan tahun 2019 ini, pada 2018 lalu layanan internet yang dimatikan hanya untuk ponsel atau perangkat lainnya.

Sementara internet untuk layanan publik, masih aktif dan dapat digunakan dengan semestinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kominfo Imbau Operator Matikan Internet di Bali saat Nyepi" 

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas