Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Putra, Remaja 15 Tahun yang Berhasil Meretas Situs NASA

Dari instansi swasta, ia mendapat penghargaan dari berbagai perusahaan seperti Tiki, Times Indonesia, Redtech, dan Tokopedia.

Putra, Remaja 15 Tahun yang Berhasil Meretas Situs NASA
KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN
Putra Aji Adhari 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Ketika teman-teman seusianya sibuk bermain game dan menjelajahi media sosial, Putra Aji Adhari, seorang siswa kelas dua MTS Manbaul Khair Ciledug, Tangerang sudah menemukan ratusan celah keamanan sistem komputer dari berbagai instansi.

Namun, bocah 15 tahun tersebut tidak menyalahgunakan keahliannya itu. Ia merupakan "white hat hacker" yang mencari kelemahan sistem, lalu memberitahukannya ke instansi terkait supaya diperbaiki.

Sejumlah penghargaan telah diterima Putra saat menemukan celah di server berbagai instansi, baik itu milik pemerintah maupun swasta. Dari pemerintah, ia mendapat penghargaan dari Badan Siber dan Sandi Negara, tempat ia biasa melaporkan temuannya tersebut.

Sementara itu, dari instansi swasta, ia mendapat penghargaan dari berbagai perusahaan seperti Tiki, Times Indonesia, Redtech, dan Tokopedia.

Sertifikat-sertifikat itu dibingkai dan dipajang Putra di atas komputer tempat ia biasa melakukan aktivitasnya sebagai bug hunter. Terinspirasi Mark Zuckerberg dan Bill Gates Putra mengaku sudah tiga tahun menekuni keahliannya tersebut, tepatnya saat dia masih duduk di kelas enam sekolah dasar.

Ia belajar melakukan peretasan menggunakan komputer yang dibelikan oleh ayahnya saat ia bersunat. "Dulu waktu sunat pengennya motor mini, tapi ayah bilang mending dibeliin komputer yang jauh lebih bermanfaat ke depannya," kata Putra saat ditemui Kompas.com di kediamannya, Minggu (7/4/2019).

Awalnya, ia hanya menggunakan komputer tersebut untuk bermain game dan berselancar di media sosial. Namun, saat menjelajahi dunia digital, ia menemukan sebuah artikel menarik yang dibagikan oleh temannya.

Artikel itu berisi kisah sukses dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dan pendiri Microsoft, Bill Gates. Kedua tokoh dunia tersebut kemudian menjadi inspirasi Putra untuk mendalami dunia komputer.

Bukan berasal dari keluarga yang melek akan teknologi tak menghalangi Putra mengejar impiannya. Ia mengaku belajar secara otodidak dengan bantuan Google dan Youtube.

Namun, ketika belajar sendiri tak jarang ia menemui kebuntuan yang membuatnya frustasi. Sampai akhirnya ia menemukan sebuah komunitas di Facebook yang berisi orang yang jauh lebih berpengalaman dari dirinya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

berita POPULER
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas