Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Tinggal di Negara Paling Rentan Kena Serangan Siber, Begini Cara Proteksinya

Para user masa kini semakin aware akan keamanan data karena mereka menyadari bahwa pemulihan data yang rusak atau hilang

Tinggal di Negara Paling Rentan Kena Serangan Siber, Begini Cara Proteksinya
SOPHOS
Sebagian besar kejahatan siber dapat terdeteksi di dalam server, mencapai 37 persen berdasarkan survei terbaru Sophos 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia tak ayal membuat serangan siber atau cyber attack jugatak bisa dihindari.

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan, tahhun 2018 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai angka 143,26 juta jiwa. Ini setara dengan 54,7 persen populasi Indonesia.

Berbanding lurus dengan data itu, laporan Symantec berjudul Internet Security Threat Report Volume 24 yang dirilis pada Februari 2019 lalumenyebutkan bahwa pada 2018 sebanyak 2,23% serangan siber di ranah global terjadi di Indonesia.

Angka ini terbilang tinggi hingga menempatkan Indonesia pada posisi kelima sebagai negara yang paling banyak mendapatkan ancaman siber pada 2018 untuk kawasan Asia Pasifik dan Jepang.

Memang, serangan siber tidak bisa dielakkan. Namun, para pengguna internet, terlebih skala besar, seperti perusahaan dan instansi, harus jeli dan dapat memproteksi diri.

Jika lengah sedikit saja, data-data penting yang merupakan aset perusahaan akan rusak bahkan hilang.

Refany Iskandar, Managing Director PT Optima Solusindo Informatika, sebuah perusahaan distribusi software yang telah berpengalaman hampir 30 tahun, menjelaskan, secara umum ada tiga tahap untuk melindungi data dan perangkat dari serangan siber.

Baca: Baru 30 Persen Organisasi Global Nyatakan Siap Menangani Serangan Siber

Tahap pertama adalah memproteksi di garis terdepan.

Manajemen akses data harus dibuat seaman mungkin.

Pastikan hanya user terverifikasi yang bisa mengaksesnya. Banyak kasus terjadi dengan membobol sistem login terhadap data.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas