Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Dengan Teknologi Augmented Reality, Pencarian di Google Search Bisa Tampilkan Gambar 3D

Nantinya, akan ada tombol bertuliskan "3D" pada bagian bawah gambar tertentu. "Ada tombol dengan tulisan "3D" di bagian bawah.

Dengan Teknologi Augmented Reality, Pencarian di Google Search Bisa Tampilkan Gambar 3D
KOMPAS.com/Gito Yudha Pratomo
Perwakilan Google, Aparna Chennapragadasaat mendemonstrasikan fitur hasil pencarian 3D di Google Search. 

TRIBUNNEWS.COM, MOUNTAIN VIEW - Perusahaan teknologi Google menambahkan sebuah kemampuan baru pada layanan Google Search miliknya. Layanan mesin pencari ini kini dapat menampilkan hasil pencarian dengan gambar 3D.

Untuk menampilkan hasil pencarian dengan gambar 3D ini menerapkan teknologi Augmented Reality ( AR). Menurut perwakilan Google, Aparna Chennapragada, fitur ini akan dapat ditemukan dengan mudah pada hasil pencarian.

Nantinya, akan ada tombol bertuliskan "3D" pada bagian bawah gambar tertentu. "Ada tombol dengan tulisan "3D" di bagian bawah.

Jika ditekan, akan muncul gambar dengan Augmented Reality pada layar ponsel," kata Aparna. Uniknya, gambar 3D dari hasil pencarian tersebut akan muncul dengan skala 1:1 alias sesuai dengan ukuran aslinya.

Baca: Layanan Wifi di Udara Juga Segera Hadir di Penerbangan Citilink

Misalnya pengguna mencari gambar "sepatu" pada Google Search.

Jika tombol 3D ditekan, maka akan muncul citra sepatu sesuai dengan ukuran aslinya melalui teknologi Augmented Reality.

Baca: Marginnya Tipis, Garuda Indonesia Hanya Ambil Keuntungan 2 Persen dari Harga Tiket

Contoh lainnya, ketika pengguna mencari gambar "ikan hiu". Ketika tombol 3D ditekan pada hasil pencarian, maka akan muncul bentuk ikan hiu secara 3D yang sesuai dengan ukuran aslinya.

Menurut Google, teknologi ini merupakan hasil kombinasi antara Google Search dan Google Lens. Google juga mengatakan telah mendongkrak kemampuan Google Lens agar lebih cerdas.

 "Kami menyisipkan Augmented Reality pada Google Search dan meningkatkan kemampuan kecerdasan pada Google Lens. Dengan begitu, pengguna akan dapat melihat hasil pencarian dalam skala yang sesuai dengan bentuk nyatanya," kata Aparna.

Namun fitur ini belum digelontorkan secara massal untuk seluruh pengguna. Google menegaskan, lagi-lagi, pengguna ponsel Pixel akan menjadi orang pertama yang dapat mencicipi fitur-fitur terbaru ini.

Penulis : Yudha Pratomo
Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul Pencarian Google Search Bakal Tampilkan Gambar 3D

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas