Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kebanyakan Orang Indonesia Habiskan THR untuk Beli Ponsel Flagship

Pangsa pasar smartphone Indonesia tumbuh sangat cepat. Lembaga periset pasar Canalys mencatat, terjadi pertumbuhan 17 persen

Kebanyakan Orang Indonesia Habiskan THR untuk Beli Ponsel Flagship
TRIBUN/HO
Pengunjung mengantre untuk mendapatkan Samsung Galaxy S10 saat penjualan perdananya di Central Park Mall, Jakarta, Jumat (8/3/2019). Samsung melakukan penjualan perdana di empat lokasi yakni di Central Park Mall Jakarta, Kota Kasablanka Jakarta, Pakuwon Mall Surabaya, dan Sun Plaza Medan. TRIBUNNEWS/HO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - - Pangsa pasar smartphone Indonesia tumbuh sangat cepat. Lembaga periset pasar Canalys mencatat, terjadi pertumbuhan 17 persen dari tahun 2017 ke 2018.

Angka ini menjadikan Indonesia sebagai pasar smartphone paling subur, atau dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara.

Sebagai perbandingan, laporan yang juga dibuat oleh Canalys menyebut pasar smartphone Thailand justru turun 13 persen, di periode kuartal IV-2018.

" Smartphone market di Indonesia sudah paling bagus-lah di Asia Tenggara. Kalau kata Canalys, Indonesia itu rising star pasar samrtphone di Asia Tenggara," jelas Yudistira Nugroho, Senior Industri Analis Tech & Telco Google Indonesia, Rabu (8/5/2019).

Pertumbuhan pangsa pasar smartphone di Indonesia diklaim mencapai hampir 20 persen dari tahun ke tahun. Ada beberapa alasan yang mendorong pertumbuhan pasar smartphone di Indonesia. Utamanya dari pertumbuhan ekonomi dan gaya hidup.

Baca: Kepincut Samsung Galaxy A70? Simak Spesifikasi Lengkapnya Dulu di Sini

"Orang Indonesia itu kalau punya duit lebih, sekarang fokusnya bukan di kebutuhan pokok atau sekunder, tapi ke kebutuhan tersier. Ini salah satu laporan dari Nielson juga, kalau orang Indonesia punya uang lebih, mereka lebih spending ke gaya hidup," tutur Yudis.

Ia juga mengungkapkan, survei perilaku pencarian smartphone saat Ramadhan yang dilakukan tahun-tahun sebelumnya.

Hasilnya, pencarian ponsel flagship cukup tinggi saat tunjangan hari raya (THR) tiba.

"Ternyata pada saat THR, growth dari smartphone flagship lebih tinggi peak-nya dari smartphone mid atau low," jelas Yudis.

Selain itu, banyaknya merek baru yang bermunculan serta merek lama yang terus berinovasi menelurkan fitur baru, juga mendorong pasar ponsel di Indonesia.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas