Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

BAZNAS Kenalkan Layanan Zakat dan Donasi Digital Lewat Aplikasi Jenius

Hadirnya aplikasi ini membuat masyarakat lebih mudah dalam melakukan pembayaran zakat dan berdonasi.

BAZNAS Kenalkan Layanan Zakat dan Donasi Digital Lewat Aplikasi Jenius
HANDOUT
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Bank BTPN menyediakan layanan pembayara zakat dan donasi digital melalui aplikasi Jenius di smartphone. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat membayar zakat dan memberikan donasi Paket Ramadan Bahagia (PRB) dengan mudah dan praktis selama Ramadan ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jenius, solusi life finance untuk masyarakat digital savvy, menjalin kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk memudahkan masyarakat yang akan membayar zakat dan berdonasi melalui aplikasi digital Jenius. Melalui aplikasi di smartphone ini, masyarakat dapat membayar zakat dan memberikan donasi Paket Ramadan Bahagia (PRB) selama Ramadan ini.

Muhammad Arifin Purwakananta, Direktur Utama BAZNAS mengatakan, hadirnya aplikasi ini membuat masyarakat lebih mudah dalam melakukan pembayaran zakat dan berdonasi.

Pembayaran zakat melalui aplikasi Jenius sangatlah simpel. Caranya, log in pada aplikasi Jenius, pilih fitur Send It, pilih Bills – Charity & Donation – BAZNAS, masukkan nominal zakat, pilih Pay Now, lalu melakukan konfirmasi dengan memasukkan password, dan zakat berhasil terbayar.

Selain itu, terdapat tiga cara untuk berdonasi Paket Ramadan Bahagia (PRB) melalui situs crowdfundingkitabisa.com/ramadhanbahagia.

Baca: Waspadai Penularan Penyakit Cacar Monyet, Kenali Gejalanya dan Trik Pencegahannya

Pertama, setelah memilih tombol Donasi dan memasukkan nominal donasi, masyarakat dapat melakukan pembayaran dengan Kartu Debit Jenius Visa dengan memilih metode credit card, masukkan 16 digit nomor kartu, masa berlaku kartu, dan 3 digit kode CVV.

Kedua dengan metode bank transfer ke nomor rekening Yayasan Kita Bisa dari akun Jenius. Ketiga, pembayaran dengan Gopay, yang saldonya dapat diisi terlebih dahulu melalui fitur e-Wallet Center.

Baca: Kisah Tentang Suradi, Pengangguran Yang Punya Warisan Lahan 2000 M2 untuk Kolam Ikan dan Lobster

Arifin menjelaskan, selama Ramadhan, kecenderungan masyarakat untuk berdonasi, membantu sesama semakin meningkat.  “Layanan zakat digital ini memiliki keunggulan yakni lebih simpel, aman, cepat, dan transparan, serta memungkinkan kami merespons dan melayani dengan lebih cepat para muzaki dan mustahik,” ungkap Arifin.

Selain memperkenalkan zakat digital Jenius, BAZNAS juga meluncurkan program donasi Paket Ramadan Bahagia (PRB). PRB adalah program BAZNAS berupa penyaluran paket sembako kepada para mustahik dalam menjalankan ibadah Ramadan dan Idul Fitri.

Irwan Sutjipto Tisnabudi, Head of Digital Banking Bank BTPN, menjelaskan berdasar hasil riset online yang dilakukan perusahaannya melalui Jenius tentang perilaku finansial masyarakat selama Ramadan diketahui pengeluaran mereka meningkat 5 sampai 20 persen sepanjang Ramadan dibandingkan dengan hari biasa.

Dari hasil riset terhadap 360 responden tentang pengelolaan finansial mereka selama Ramadan tahun lalu diketahui, terjadi perubahan alokasi dana untuk kebutuhan yang berbeda. Sebanyak 84 persen responden mengalokasikan untuk berbuka puasa bersama, 81 persen menggunakan untuk membayar zakat, 71 persen menyatakan untuk membeli takjil, 66 persen menyatakan untuk membeli baju Lebaran, 50 perse untuk berburu diskon Ramadhan serta 49 persen untuk biaya mudik.

Dari hasil riset ini juga diketahui, orang tua tetap menjadi prioritas bagi seseorang dalam berbagi ketika Ramadan, sebesar 93 persen disusul berbagi kepada yayasan sosial sebanyak 85 persen, berbagi kepada saudara kandung 78 persen, berbagi kepada orang-orang di sekitar (sopir, pramuwisma, pramubakti, dan lain-lain) sebanyak 54 persen, dan 47 persen berbagi kepada teman.

Irwan Sutjipto menjelaskan, Jenius melalui proses kolaborasi dan kokreasi berkomitmen untuk menghadirkan layanan life finance yang simpel, cerdas, dan aman.

Selama bulan Ramadan, Jenius melanjutkan kampanye #hari2jenius dengan tema “hari-hari mudah berbagi” yang mengajak pengguna mengelola keuangan dengan baik dan mudah agar dapat berbagi berkah dan kebahagiaan untuk sesama. Salah satunya adalah kemudahan berbagi melalui membayar zakat dan berdonasi.

Dengan kolaborasi bersama BAZNAS ini, Jenius berharap dapat menghadirkan kemudahan bagi masyarakat digital savvy dalam membayar zakat dan berdonasi melalui platform digital. Selain itu, kami juga berharap dapat mengajak masyarakat  digital savvy di Indonesia untuk berbagi kebahagiaan dengan berdonasi melalui program Paket Ramadan Bahagia (PRB),” ujar Irwan.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas