Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Jaringan Data Terkuat

Tiket Pesawat ke Jatim Bikin Galau, Mudik Lewat Tol Baru Jadi Solusi

Salah satu tantangan bagi pemudik jalur darat adalah mengatasi rasa jenuh. Di era digital ini, ada begitu banyak platform yang bisa Anda gunakan .

BizzInsight
Tiket Pesawat ke Jatim Bikin Galau, Mudik Lewat Tol Baru Jadi Solusi
Kompas.com
Tol baru di Jawa Timur memungkinkan pemudik untuk pulang kampung lewat jalur darat. 

TRIBUNNEWS.COM – Baru-baru ini warganet dihebohkan dengan harga tiket pesawat yang melonjak tinggi. Meski sudah turun 15 persen, tetap terasa mahal oleh para pemudik

Pesawat ke Jawa Timur, misalnya. Kalau dulu batas paling rendah hanya Rp 400 Ribu, kini tiket bisa mencapai hingga Rp 900 Ribuan. Itu baru biaya berangkat saja.

Rasa kegalauan pun menyerang anak rantau. Melepas rindu bertemu orangtua dan sanak saudara di kampung halaman adalah momen indah yang kerap mereka nantikan. Namun, jika memikirkan biaya hidup pasca mudikdi ibu kota lagi-lagi membuat ragu untuk pulang.

Alhasil pulang kampung jalur darat menjadi primadona. Semenjak diresmikannya Tol Trans Jawa pada 2018 lalu oleh Presiden Joko Widodo, mudik pakai mobil pribadi atau naik bis bisa menjadi pilihan.

Lebih murah jika ramai-ramai

xl-300519-1
Ilustrasi mudik jalur darat.

Perbandingan biaya mudik lewat tol memang terasa lebih murah jika bepergian ramai-ramai, setidaknya mudik bersama 5 orang. Untuk rute Jakarta-Surabaya, biaya tol yang dibutuhkan sebesar Rp512.500.

Dilansir dari Bisnis.com, kira-kira pakai mobil pribadi dengan jarak perjalanan darat sekitar 800 km membutuhkan bensin Pertamax 70 liter atau totalnya menjadi Rp 1,2 Juta. Per orangya hanya perlu mengeluarkan Rp 200 Ribuan saja.

Sedangkan jika naik bis AC dari Jakarta ke Surabaya, biasanya akan dikenakan tarif Rp 200-300 Ribuan untuk kelas eksekutif.

Karena jarak yang jauh ini, tentu ada banyak hal yang harus dipersiapkan:

Pilih bekal makanan yang tidak mudah basi

Perjalanan ke Jawa Timur akan menyita waktu yang cukup lama. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda menyiapkan jenis makanan yang tahan lama, tidak mudah basi dan mudah untuk dikonsumsi pada saat perjalanan.

Istirahat yang cukup

Bagi Anda yang membawa mobil pribadi, selalu gunakan rest area di sepanjang tol untuk istirahat. Istirahatlah setiap 2-3 jam perjalanan. Jika mungkin, sebaiknya ada dua pengemudi di dalam kendaraan.

Perbanyak hiburan agar tidak bosan

Salah satu tantangan bagi pemudik jalur darat adalah mengatasi rasa jenuh.  Anda bisa membawa buku bacaan atau setidaknya gunakan layanan streaming film. Di era digital ini, ada begitu banyak platform yang bisa Anda gunakan untuk mengusir kebosanan.

Anda juga membutuhkan koneksi internet yang kuat untuk terus memantau GPS atau sekadar memberi kabar keluarga di kampung lewat video call.

Tidak perlu khawatir karena provider XL Axiata memiliki #JaringanDataTerkuat yang dapat memberikan solusi bagi mereka yang mudik, baik dalam maupun luar Pulau Jawa sehingga masih bisa streaming film atau internetan tanpa perlu khawatir soal koneksi.

Jaringan data 4G LTE-nya telah menjangkau sekitar 440 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

xl-300519-2

Di sepanjang Pulau Jawa sendiri, 100% baik jalur tol Trans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta – Surabaya telah terlayani jaringan 4G LTE. Sementara itu, jalan tol di luar Jawa, yaitu Bakauheni – Terbanggi yang juga sudah beroperasi, jaringan 4G XL Axiata telah tersedia lebih dari 85% jalur tersebut.

Untuk jalan raya non tol pantai Utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah tersedia layanan 4G LTE hingga sekitar 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%. Untuk informasi selengkapnya klik disini.

Kini, mudik jalur darat jadi semakin menyenangkan dengan adanya #JaringanDataTerkuat!

Penulis: Dana Delani

Ikuti kami di
Add Friend
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas