Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Ikuti Jejak Facebook and Google, Apple Juga Siapkan Fitur Privasi untuk Pengguna

"Pelacakan berbasis lokasi, misalnya, jauh lebih jahat daripada yang disadari kebanyakan orang," kata Bob O'Donnell, kepala TECHnalysis Research.

Ikuti Jejak Facebook and Google, Apple Juga Siapkan Fitur Privasi untuk Pengguna
arstechnica.com
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, SAN JOSE - Apple Inc pada hari Senin meluncurkan fungsi "Sign In With Apple" untuk menyaingi akun masuk Facebook dan Google. Langkah yang diambil Apple tersebut untuk memberikan perlindungan terhadap informasi pengguna.

Selama ini, Apple melihat fungsi Sign In yang dilakukan lewat Google dan Facebook sangat riskan terhadap pencurian data pribadi. Menurut Apple, aplikasi dari pihak ketiga yang digunakan Google dan Facebook sering berbagi data berharga. Praktik itulah yang Apple ingin menghentikan.

Untuk meningkatkan privasi pengguna, Apple membuat sistem bagi penggunanya untuk mendaftar aplikasi dengan email yang dibuat secara acak untuk menghindari pengungkapan alamat mereka yang sebenarnya. 

Baca: Apple Sedang Nego dengan Vendor Potensial untuk Pasok Sensor Mobil Tanpa Awak

Produsen iPhone ini juga memperketat kontrol pada pelacakan lokasi dengan menghentikan aplikasi dari pemindaian jaringan Bluetooth dan Wi-Fi untuk menebak lokasi pengguna bahkan ketika pengguna telah menonaktifkan pelacakan.

Apple telah menekankan privasi dalam upaya menetapkan diri dari pesaing seperti Facebook dan Google, yang keduanya menggunakan data untuk meningkatkan bisnis periklanan mereka dan yang praktiknya telah diteliti.

"Pelacakan berbasis lokasi, misalnya, jauh lebih jahat daripada yang disadari kebanyakan orang," kata Bob O'Donnell, kepala TECHnalysis Research. 

Menurut analis lainnya, Apple dinilai tidak akan mungkin menghasilkan uang langsung dari layanan baru tersebut. Namun, fitur-fitur seperti sign-on web cenderung mendorong loyalitas merek dengan membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk masuk ke aplikasi tanpa harus memasukkan banyak kata sandi.

 
Yoyok/Sumber: Reuters 

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul Apple saingi Facebook and Google dalam menyajikan privasi bagi pengguna

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
  Loading comments...
© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas