Tribunnews.com

Jangan Bingung Lewat Jalur alternatif

Kamis, 25 Agustus 2011 17:29 WIB
Jangan Bingung Lewat Jalur alternatif
TRIBUNNEWS.COM/HANAN WIYOKO
Jalur Banyumas. 

* Jalur Mudik Wilayah Banyumas

PEMUDIK dari Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang menggunakan jalur selatan menuju Jawa Tengah dan Yogyakarta akan melalui Kabupaten Banyumas. Gerbang masuk Banyumas dari arah barat ditempuh dari dua arah.
 
Pemudik dari Jakarta bila menuju Purwokerto akan melalui jalur Tegal-Paguyangan, Brebes-Pekuncen- Ajibarang hingga Purwokerto. Sedangkan pemudik dari arah Bandung akan masuk Purwokerto dari perbatasan Karangpucung, Cilacap-Lumbir, Wangon, Rawalo, Patikraja hingga Purwokerto.

Dari arah Purwokerto pemudik bisa meneruskan perjalanan ke Semarang melalui Sokaraja-Purbalingga. Sedangkan pemudik yang hendak menuju Kebumen dan Yogyakarta dapat melalui jalur selatan melalui Sokaraja-Banyumas-Buntu-Kemranjen-Sumpiuh hingga Tambak, di titik perbatasan Banyumas dengan Gombong, Kabupaten Kebumen.

Dari catatan Kepolisian Resor Banyumas, sepanjang jalur mudik ada tiga titik lokasi rawan kecelakaan lalu lintas yang harus di waspadai, yaitu:

1. Jalan menikung di Desa Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, Banyumas.
Karakterisitik : pinggir Sungai Serayu, penerangan kurang, jalan berliku dan licin, rawan banjir serta longsor.

2. Ruas Jalan Kedungpring, Kemranjen, Banyumas.
Karakteristik :
* Tanjakan tertutup/samar, tikungan tajam dan tertutup/samar, lintasan kereta api, jalan lurus.
*  Banyak penyeberang jalan
 Jalur utama dari Purwokerto menuju Yogyakarta

3. Jalan Raya Baturraden
Karakteristik
* Penerangan jalan kurang, jalan licin, pelebaran dan penyempitan jalan, arus padat jam tertenti
* Banyak penyeberang jalan, keluar masuk kendaraan obyek wisata

 
Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur utama, petugas telah menyiapkan jalur alternatif memasuki Kabupaten Banyumas. Dari arah barat, pemudik bisa melintas jalur alternatif sepanjang sembilan kilometer dari pertigaan Jatisari hingga Pasar Losari Cilongok bila terjadi kemacetan di Pasar Ajibarang.
Jalur alternatif lain disiapkan bila di persimpangan Buntu terjadi kemacetan adalah melalui pertigaan Pasar Wijahan ke utara hingga tembus di pertigaan Pasar Sokawera. Kemacetan di perlintasan Sumpiuh diantisipasi melalui jalan Desa Bogangin.
Supaya pemudik tidak kebingungan saat melintas di jalur alternatif yang berupa jalan desa, petugas telah menyiapkan rambu-rambu penunjuk. Mengantisipasi kecelakaan saat mudik, para pengemudi kendaraan bermotor disarankan untuk beristirahat serta tidak memaksakan diri untuk berkendaraan dalam kondisi lelah. (hanan wiyoko)

Lokasi Rehat
1. Lumbir, RM Gunung Sengkala Jalan Raya Lumbir
2. Jatilawang, SPBU Margasana
3. Kebasen, RM Intan
4. Pekuncen, RM Padang
5. Cilongok, SPBU Losari
6. Kemranjen, SPBU Kemranjen
7. Kemranjen, RM Pringsewu
8. Rawalo, SPBU Rawalo
9. Ajibarang, SPBU Ajibarang
10. Pekuncen, SPBU Pekuncen.
Di sejumlah rest area tersebut nantinya disiagakan bengkel siaga, sehingga pemudik bisa melakukan perbaikan bila kendaraan yang digunakan terasa bermasalah. (hanan wiyoko)

 

Terkini
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved